Dompet, uang, keuangan
Gaya Hidup

Kembangkan 4 Kebiasaan Finansial Ini Agar Anda Miliki Keuangan yang Stabil

  • Inilah beberapa kebiasaan finansial yang bisa Anda terapkan agar keuangan Anda di masa depan tetap stabil dan terjamin.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri persoalan keuangan dapat menimbulkan keresahan bagi banyak orang. Selain itu, Anda mungkin juga merasa khawatir bagaimana mengatur diri Anda agar keuangan Anda tetap aman di masa depan.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Anda masih memiliki kesempatan untuk mengadopsi kebiasaan finansial yang baik dalam upaya memperbaiki situasi dan mempersiapkan Anda dengan lebih baik untuk menghadapi setiap kerjadian tidak terduga dalam hidup Anda.

Mungkin hal ini tampak seperti tantangan yang menakutkan, tapi Anda bisa menghadapinya dengan menerapkan strategi kebiasaan finansial berikut ini.

Kebiasaan Finansial Ini Agar Anda Miliki Keuangan yang Stabil

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan agar Anda memiliki kebiasaan yang baik untuk membantu Anda mengelola uang.

1. Tetapkan Anggaran Bulanan yang Realistis

Anda tentu mengetahui berapa banyak uang yang Anda hasilkan setiap bulan, jadi penting bagi Anda untuk belajar hidup sesuai kemampuan Anda. Cobalah tetapkan anggaran untuk menentukan bagaimana Anda mengalokasikan uang Anda untuk pengeluaran yang berbeda, mulai dari biaya sewa hingga pembelian bahan makanan.

Sebelum Anda dapat menetapkan anggaran, Anda perlu menghitung pengeluaran bulanan dan melacak pola pengeluaran Anda. Langkah ini akan membantu Anda memahami dengan lebih baik tentang bagaimana Anda biasanya membelanjakan uang Anda setiap bulan sehingga Anda dapat melihat cara memangkas pengeluaran. Setelah Anda mengetahui berapa banyak uang yang perlu Anda sisihkan setiap bulan untuk tagihan, Anda dapat membagi sisanya antara uang belanja dan rekening tabungan Anda. Setelah Anda menetapkan anggaran, cobalah untuk disiplin menaatinya. 

2. Buka Rekening Tabungan

Jika Anda meluangkan waktu untuk mentransfer uang dari rekening bank biasa Anda ke rekening 

tabungan, kemungkinan kecil Anda akan menggunakannya. Semakin banyak uang yang Anda kumpulkan di rekening khusus untuk menabung ini, semakin siap Anda di jalan ketika kebutuhan biaya tak terduga muncul.

Hal yang penting untuk dilakukan adalah membuat diri Anda terbiasa melakukannya. Bahkan jika Anda hanya mampu menabung Rp100.000 setiap bulan, kebiasaan itu akan membuat Anda menyetor jumlah yang lebih besar setiap bulan ketika Anda aman secara finansial. Dana ini dapat membantu Anda saat Anda pensiun atau digunakan untuk membantu menutupi berbagai pengeluaran jika dibutuhkan, mulai dari tagihan medis hingga perbaikan mobil atau rumah yang tidak terduga.

3. Perhatikan Pengeluaran Anda

Jika Anda ingin aman secara finansial, penting untuk memperhatikan bagaimana cara Anda membelanjakan uang. Anda memang telah mengalokasikan jumlah tertentu setiap bulan untuk dibelanjakan, tetapi tetaplah berhati-hati untuk tidak melebihi anggaran itu kecuali benar-benar diperlukan.

Ada banyak cara untuk memangkas pengeluaran agar tidak melebihi anggaran. Belajarlah untuk menahan keinginan membeli barang hanya karena Anda menginginkannya dan terus menabung uang untuk menghadapi kebutuhan tidak terduga. Anda juga bisa membayar dengan uang tunai, untuk menghindari timbulnya hutang kartu kredit tambahan dan mengupayakan masa depan keuangan yang lebih baik.

4. Lunasi Utang

Hidup bebas utang mungkin tampak seperti mimpi, tetapi itu dapat dicapai jika Anda mau bekerja cukup keras. Fokuslah untuk mencicil membayar utang terlebih dahulu sebelum Anda membeli berbagai barang yang ingin Anda miliki.

Itu tadi beberapa kebiasaan finansial yang bisa Anda terapkan agar keuangan Anda di masa depan tetap stabil dan terjamin. Kebiasaan ini juga akan membantu Anda belajar untuk hidup sesuai kemampuan. Selamat mencoba!