exxon mobil.jpg
Dunia

Kembangkan Baterai, Exxon Mobil Berusaha Gandeng Perusahaan Besar

  • Permintaan terhadap lithium terus meningkat seiring dengan pengembangan industri kendaraan listrik, dan popularitas mobil listrik yang semakin tinggi.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Exxon Mobil salah satu Perusahaan minyak global, dikabarkan tengah menjalin pembicaraan dengan beberapa perusahaan otomotif ternama, seperti Tesla, Ford Motor, dan Volkswagen, untuk menjadi pemasok utama lithium bagi baterai kendaraan listrik mereka. Permintaan terhadap lithium terus meningkat seiring dengan pengembangan industri kendaraan listrik,  dan popularitas mobil listrik yang semakin tinggi. 

Lithium merupakan komponen kunci dalam pembuatan baterai kendaraan listrik dan menjadi sumber daya kritis untuk mendorong transisi menuju transportasi berkelanjutan. Meskipun saat ini belum ada kesepakatan yang dicapai, pembicaraan ini menunjukkan keseriusan Exxon mobil dalam mengembangkan potensi industri litium.

Dilansir Reuter, Selasa, 1 agustus 2023, Pada bulan sebelumnya,  Exxon telah menyetujui untuk melakukan eksplorasi lebih dari lahan seluas 24,7 kilometer persegi Arkansas Amerika Serikat. Daerah tersebut diduga memiliki cadangan air asin yang kaya akan lithium. Selain itu, perusahaan minyak tersebut juga telah melakukan akuisisi tanah seluas lebih dari 100.000 hektar di Arkansas dari Galvanic Energy, sebuah perusahaan energi swasta.

Namun, untuk memperoleh lithium dari air asin tersebut, Exxon perlu mengadopsi teknologi ekstraksi litium langsung (Direct Lithium Extraction/DLE), yang merupakan metode yang belum pernah diimplementasikan sebelumnya. Sejauh ini, belum ada teknologi DLE yang berhasil dioperasikan secara, meskipun saat ini banyak perusahaan yang berlomba untuk menjadi yang pertama dalam mengembangkan teknologi tersebut. Exxon telah melakukan pembicaraan dengan International Battery Metals (IBAT.CD) terkait lisensi teknologi DLE.

Perkembangan lebih lanjut dari pembicaraan ini diharapkan akan menjadi perhatian utama dalam industri kendaraan listrik dan energi. Sebagai pemain besar di industri minyak dan gas, keterlibatan Exxon dalam pasokan lithium dapat memberikan dampak signifikan dalam menghadapi tantangan dan memenuhi tuntutan pasar mobil listrik yang semakin berkembang.