<p>Ilustrasi kilang minyak PT Pertamina (Persero) / Pertamina.com</p>
Industri

Kembangkan Energi dengan Skema KPBU, Pertamina Gandeng PII

  • JAKARTA – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PT PII) untuk menjamin kelancaran dan keberlanjutan proyek infrastruktur. Dalam kerja sama ini, PII berperan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan  pendampingan pengembangan potensi proyek. Proyek yang dimaksud adalah yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Pinjaman Langsung/Direct Lending. “Ruang lingkup […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PT PII) untuk menjamin kelancaran dan keberlanjutan proyek infrastruktur.

Dalam kerja sama ini, PII berperan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan  pendampingan pengembangan potensi proyek. Proyek yang dimaksud adalah yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Pinjaman Langsung/Direct Lending.

“Ruang lingkup kerjasamanya meliputi kegiatan capacity building dan knowledge sharing dalam kerangka pengembangan infrastruktur terkait PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) atau Pertamina,” kata Direktur Utama PT KPI, Ignatius Tallulembang, Kamis, 8 Oktober 2020.

PII juga akan mendampingi kegiatan scanning, screening untuk identifikasi potensi proyek dan dukungan (termasuk pemantauan proyek) terhadap proyek infrastruktur dengan KPI atau dengan PT Pertamina melalui KPI.

Keuntungan Kerja Sama

Menurut Ignatius, kerja sama ini dilaksanakan guna mempercepat seleksi mitra dan pembangunan proyek kilang dan petrokimia Pertamina. Selain itu, mendorong keterbukaan investasi swasta pada sektor energi.

Sementara itu, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dukungan untuk pengembangan potensi proyek/program Pertamina yang dikelola oleh PT KPI dan proyek PT KPI mengadopsi skema KPBU.

“Dengan adanya Tim Kerja Gabungan, diharapkan PT PII dan PT KPI dapat bersinergi dalam mewujudkan percepatan penyediaan proyek/program sektor energi melalui skema KPBU,” tambah Direktur Utama PII M. Wahid Sutopo.

Sebagai informasi, PT KPI selaku bisnis grup Refining and Petrochemical Pertamina telah melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PII pada tanggal 1 Oktober 2020 lalu.