<p>Karyawan menunjukkan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Kamis, 23 Juli 2020. Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) pada hari ini, Kamis 23 Juli 2020 dipatok lebih rendah untuk ukuran 1 gram dibanderol Rp977.000, sedangkan pada posisi kemarin, Rabu 22 Juli 2020 sempat menyentuh level baru Rp982.000 untuk ukuran 1 gram, yang merupakan level tertinggi sepanjang sejarah.  PT Aneka Tambang Tbk. melansir penjualan emas di tingkat ritel tetap menggeliat kendati harga emas menyentuh rekor baru. Penjualan secara daring atau online diakui meningkat signifikan dalam tiga bulan terakhir. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Kembangkan Produk Emas untuk Pasar Domestik, Antam Gandeng Hartadinata Abadi

  • PT Aneka Tambang Tbk alias Antam (ANTM) bersama entitas usaha PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI) melaksanakan kontrak kerja sama proof of concept (POC) produksi dan penjualan produk emas batangan mikro dan perhiasan dengan PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) pada 28 Mei 2021.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Aneka Tambang Tbk alias Antam (ANTM) bersama entitas usaha PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI) melaksanakan kontrak kerja sama proof of concept (POC) produksi dan penjualan produk emas batangan mikro dan perhiasan dengan PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) pada 28 Mei 2021.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis Antam melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin 31 Mei 2021, kerja sama ini dilakukan dalam rangka pengembangan produk emas baru sebagai strategi perusahaan pada komoditas emas.

Dalam kontrak kerja sama tersebut, Antam melalui AJSI dengan Hartadinata akan melakukan pengembangan kegiatan usaha produksi dan penjualan emas batangan murni mikro (microbar) kemasan gift series dan premium pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram serta perhiasan dengan kadar 24 karat.

Kerja sama POC dengan Hartadinata ini akan berlangsung mulai 1 Juli 2021 hingga 31 Desember 2021. Namun perseroan mengaku perjanjian tersebut dimungkinkan untuk dilakukan perpanjangan dalam periode jangka panjang.

Manajemen Antam menyebut bahwa emas microbar merupakan solusi investasi emas premium dalam pecahan kecil yang dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia.

Sedangkan, perhiasan 24 karat adalah inovasi produk investasi terbaru dengan desain yang bervariasi sekaligus dapat digunakan oleh penggunanya untuk mendukung penampilan.

Kolaborasi tersebut dilakukan sejalan dengan strategi Antam untuk berfokus dalam pengembangan basis pelanggan logam mulia di pasar dalam negeri. Terutama bagi pangsa pasar emas mikro yang belum tergarap perseroan.

“Hal ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi emas, serta pertumbuhaan permintaan emas di pasar domestik,” tulis manajemen Antam.

Di lantai bursa, saham ANTM merosot 0,41% menuju level harga Rp2.450 pada penutupan perdagangan Senin, 31 Mei 2021. Di sisi lain, harga saham HRTA justru melonjak hingga 17,48% ke level Rp242.