Javier Milei.
Dunia

Kemenangan Milei Dinilai Berisiko Bagi Ekonomi Argentina

  • Dengan cadangan internasional yang negatif, inflasi lebih dari 100%, dan kendali modal yang ketat, ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin itu kini menghadapi ketidakpastian baru menjelang pemilihan Presiden pada bulan Oktober.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Ekonom sayap kanan radikal Argentina, Javier Milei, secara tidak terduga memenangkan pemungutan suara pendahuluan negara tersebut, 13 Agustus 2023. Hasil itu mengguncang persaingan dalam pemilihan Presiden (Pilpres) dan kemungkinan besar akan memberikan pukulan baru bagi peso.

Dengan cadangan internasional yang negatif, inflasi lebih dari 100%, dan kendali modal yang ketat, ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin itu kini menghadapi ketidakpastian baru menjelang pemilihan Presiden pada bulan Oktober.

Analis dan investor pun turut mengomentari hasil pemilihan suara pendahuluan di Argentina tersebut. Sejumlah ramalan ekonomi mengemuka apabila Javier Milei akhirnya bakal memenangi pemilihan presiden. Berikut analisis tersebut, dikutip TrenAsia.com dari Reuters, Selasa 15 Agustus 2023. 

PAUL GREER, MANAJER PORTOFOLIO, FIDELITY INTERNATIONAL, LONDON:

“Kesimpulan pertama yang jelas adalah bahwa masyarakat Argentina ingin menggulingkan pemerintah. Mereka menginginkan sesuatu yang berbeda. Hanya saja, jenis perbedaan yang mungkin kita dapatkan lebih ekstrem daripada yang kita harapkan.”

“Siapapun yang menang akan memiliki tugas yang sangat sulit, terutama sekarang terasa seolah-olah populasi lebih terpecah belah daripada yang kita kira sebelumnya.”

FERNANDO SEDANO, EKONOM AMERIKA LATIN, MORGAN STANLEY, BUENOS AIRES:

“Walaupun hasilnya memang mengindikasikan permintaan yang tinggi untuk perubahan kebijakan, probabilitas dari skenario bullish yang melihat penyesuaian makro dan prospek reformasi yang didukung oleh modal politik yang kuat telah menurun. 

Dengan kata lain, ketidakpastian dan risiko seputar pelaksanaan skenario perubahan kebijakan telah meningkat.”

MARIANO MACHADO, ANALIS UTAMA AMERIKA, VERISK MAPLECROFT, MALAGA:

“Perpecahan tiga arah ini meningkatkan ketidakpastian dalam hasil putaran pertama pada bulan Oktober dan putaran kedua yang diharapkan pada bulan November. Kandidat mana yang akhirnya masuk ke putaran kedua bergantung pada efektivitas mesin partai masing-masing dari tiga kandidat teratas.”

“Meskipun dua koalisi yang sudah mapan memiliki mesin ini, hasil kemarin menunjukkan bahwa upaya langsung Milei untuk menarik pemilih yang tidak puas dapat mengatasi peluang.”

“Kurangnya pengalaman eksekutif Milei meningkatkan risiko penyesuaian ekonomi yang kacau, termasuk kemungkinan krisis sosial besar setelah bulan Desember.”

BRUNO GENNARI, STRATEGIS DAN PENJUALAN PASAR EMERGING, KNG SECURITIES LLP, LONDON:

“Ini adalah kejutan negatif bagi pasar, tetapi tidak mengejutkan seperti pemungutan suara utama tahun 2019. Investor mengharapkan performa yang lebih baik untuk koalisi Together for Change dan hasilnya meningkatkan ketidakpastian pada skenario politik.”

“Ketidakpastian tetap tinggi menjelang pemungutan suara Oktober karena Milei tidak memiliki struktur politik yang konsolidatif, dan retorika agresifnya adalah faktor negatif untuk pemerintahan potensial.”

SERGI LANAU, DIREKTUR STRATEGI GLOBAL EM, ECONOMI OXFORD, LONDON:

“Risiko besar sekarang adalah bagaimana masyarakat di Argentina bereaksi antara saat ini dan Oktober. Milei mengatakan bahwa dia ingin mendolarisasi ekonomi, jadi jika Anda adalah seorang warga Argentina dan memiliki peso sekarang, Anda mulai berpikir apakah peso akan semakin melemah menjadi 800 atau 1.000 peso per dolar. 

Tidak ada petunjuk tentang apa yang akan terjadi, jadi itu berarti orang akan bersedia membayar lebih banyak peso di pasar paralel untuk mendapatkan dolar.”

KIMBERLEY SPERRFECHTER, EKONOM AMERIKA LATIN, EKONOMI MODAL, LONDON:

“Pandangan kami adalah bahwa prospek pemerintahan yang lebih ramah pasar, yang digabungkan, (Javier) Milei dan (Patricia) Bullrich menerima hampir 50% dari suara, mungkin disambut oleh para investor. Pada dasarnya, platform kebijakan ekonomi mereka menangani banyak area yang diperlukan untuk memperbaiki ekonomi Argentina.”

Hasil yang kuat untuk Milei “mengindikasikan bahwa ada hasrat populer untuk pendekatan gaya terapi kejut dalam menangani masalah ekonomi.”