Petugas melihat kondisi angkutan bus saat pemeriksaan kelayakan kendaraan (ramp check) jelang mudik Lebaran di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin 18 April 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Kemenhub Siapkan 90 Bus Mudik Gratis Saat Libur Nataru, Ini Rutenya

  • Kemenhub memprediksi sekitar 107,63 juta orang atau sekitar 39,83% dari total populasi nasional berencana untuk melakukan perjalanan pada periode libur panjang kali ini.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Guna memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang bertepatan dengan liburan sekolah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor. Pendaftaran  program ini dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 hingga 20 Desember 2023.

Bagi yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat, masyarakat dapat mengunduhnya dari Play Store atau App Store. Langkah selanjutnya setelah mendaftar melalui aplikasi adalah melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta di terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan.

Dilansir dari siaranpers Ditjen Perhubungan Darat, Selasa, 5 Desember 2023, Kemenhub memprediksi sekitar 107,63 juta orang atau sekitar 39,83% dari total populasi nasional berencana untuk melakukan perjalanan pada periode libur panjang kali ini. 

Mayoritas dari mereka diperkirakan akan menggunakan kendaraan pribadi, dengan sekitar 35,57% atau sekitar 39,97 juta orang menggunakan mobil dan sekitar 17,92% atau sekitar 20,14 juta orang akan menggunakan sepeda motor.

Untuk mendukung program ini, Kemenhub mempersiapkan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang, serta kuota pengiriman 120 unit sepeda motor yang akan diangkut menggunaka empat truk. 

Rencananya, kendaraan sepeda motor akan diberangkatkan menggunakan truk dari Terminal Tipe A Pondok Cabe pada Jumat, 22 Desember. Sedangkan pelepasan mudik gratis bagi penumpang akan dilakukan pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Inisiatif mudik gratis ini merupakan upaya untuk memberikan solusi transportasi yang teratur bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama libur natal dan tahun baru, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan memberikan alternatif perjalanan yang lebih praktis dan nyaman bagi para pemudik.

Berikut kota tujuan yang menjadi bagian program mudik gratis kemenhub :

1. Jakarta-Solo 

2. Jakarta-Yogyakarta

3. Jakarta-Surabaya 

4. Jakarta-Wonosobo

5. Jakarta-Semarang

6. Jakarta-Wonogiri

7. Jakarta-Cilacap

8. Jakarta-Putwokerto

9. Jakarta-Malang

10. Jakarta-Kediri

11. Jakarta-Madiun

12. Bus Disabilitas