<p>Industri Kreatif (Sumber: https://www.airmagz.com/)</p>
Nasional

Kemenpar Aktifkan Pusat Krisis

  • Jakarta- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mulai melakukan komunikasi dan edukasi bagi masyarakat dalam rangka menekan dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Komunikasi dan edukasi dilakukan melalui Pusat Krisis Terintegrasi yang telah diaktifkan Kemenpar. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kemenparekraf, Ari Juliano Gema, mengatakan komunikasi krisis yang […]

Nasional
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Jakarta- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mulai melakukan komunikasi dan edukasi bagi masyarakat dalam rangka menekan dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Komunikasi dan edukasi dilakukan melalui Pusat Krisis Terintegrasi yang telah diaktifkan Kemenpar.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kemenparekraf, Ari Juliano Gema, mengatakan komunikasi krisis yang terintegrasi sangat diperlukan dalam manajemen krisis kepariwisataan sebagai upaya meminimalisasi dampak wabah pandemi COVID-19.

“Kami telah mengaktifkan komunikasi krisis parekraf sejak 17 Maret 2020, mengikuti SOP manajemen krisis kepariwisataan yang dihasilkan atas masukan bersama praktisi penanganan krisis dan ahli komunikasi sepanjang 2018-2019,” kata Ari, dalam keterangan resminya, Rabu, 1 April 2020.

Kemenparekraf juga membuka berbagai kanal komunikasi publik sebagai bentuk tanggap COVID-19 melalui website dan sosial media resmi.

“Terkait Parekraf tanggap COVID-19 ada kanal komunikasi publik yang bisa dimanfaatkan di IG @kemen.parekraf, IG @indtravel, dan www.kemenparekraf.go.id,” katanya.

Ari menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pendataan informasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19 di seluruh daerah. Setelah terdata, pihaknya bersama pemerintah daerah akan menerapkan rencana mitigasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Kami juga sudah mengkomunikasikan rencana mitigasi sektor Parekraf kepada seluruh pemda pada pekan lalu,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya segera membuka forum daring untuk menjaring masukan dari para pelaku dan pemangku kepentingan di bidang pariwisata sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan dan langkah lanjutan.