Ilustrasi Piala Presiden 2023
Olahraga

Kemenparekraf Apresiasi Piala Presiden Esports 2023 Hadirkan Game Lokal

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh Piala Presiden E-Sports 2023.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh Piala Presiden E-Sports 2023 yang akan berlangsung pada 18 Juli – 22 Oktober dengan lokasi final di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Diketahui Piala Presiden Esports 2023 akan mempertandingkan salah duanya adalah game popular mancanegara yakni Mobile Legends Bang Bang dan Valorant. Ajang kali ini akan menjadi keikutsertaan pertama game PC Valorant pada kompetisi tersebut. 

Selain beberapa game internasional, Piala Presiden Esports 2023 juga menghadirkan dua game lokal untuk dipertandingkan yakni Lokapala dan Battle of Satria Dewa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik hal itu dan berharap dapat memacu pertumbuhan industri game dalam negeri. Ia juga mengapreasiasi penyelenggara yang secara tidak langsung mendorong talenta Esporst tanah air.   

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden  yang mampu menghadirkan dua game lokal pada kesempatan ini,” kata Sandi dalam keterangan resmi Kemenparekraf dikutip TrenAsia.com, pada Selasa 18 Juli 2023. 

Disamping itu, pihaknya juga mendorong jumlah peserta Piala Presiden 2023 bertambah dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 82 ribu peserta. 

“Kita harapkan jumlah pesertanya akan lebih banyak, demikian juga jumlah penontonnya. Jika tahun lalu 82 ribu pesertanya, tahun ini 100 ribu targetnya, dan penontonnya lebih tinggi dari 70 juta,” ujar Sandi. 

Baru 44 Ribu Peserta

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, mengatakan saat ini sudah ada 44 ribu peserta dari Sabang sampai Merauke yang akan bertanding di Tennis Indoor Senayan. 

“Target kita ingin lebih dari tahun lalu, ini penyelenggaraan ke-5 jadi kita berharap bisa semakin luas dan semakin banyak bibit baru yang bergabung,” kata Rangga. 

Kendati demikian, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Dessy Ruhati, mengatakan Piala Presiden Esports 2023 dikemas dengan konsep menarik yang  menonjolkan budaya Indonesia. 

Bahkan panitia penyelanggara melakukan publikasi secara besar-besaran, supaya Piala Presiden Esports 2023 menarik minat publik dalam negeri dan mancanegara.  

“Sehingga kita berharap tidak hanya pesertanya nanti yang memang saat ini adalah beberapa terdiri dari pemain lokal namun juga akan menjadikan ini bagian bagi salah satu bentuk untuk meningkatkan daya saing para atlet ini menuju event-event internasional yang lainnya.” pungkas Dessy.