<p>Banner Event Baparekraf Developer Day (BDD)/ kemenparekraf.go.id</p>
Nasional & Dunia

Kemenparekraf Bikin Event Buat Para Talenta Digital Kreatif, Gratis!

  • JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan acara Baparekraf Developer Day (BDD). Acara tersebut akan digelar secara daring pada 18-19 Juli 2020 mendatang. Event tersebut, kata Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk kreatif Kemenparekraf Josua Simanjuntak, mempertemukan para pelaku di industri digital kreatif dengan para pengembang. “BDD kali ini digelar dalam format […]

Nasional & Dunia
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan acara Baparekraf Developer Day (BDD). Acara tersebut akan digelar secara daring pada 18-19 Juli 2020 mendatang.

Event tersebut, kata Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk kreatif Kemenparekraf Josua Simanjuntak, mempertemukan para pelaku di industri digital kreatif dengan para pengembang.

“BDD kali ini digelar dalam format online, tapi experience akan tetap sama. Inspirasi dan transfer knowledge dari developer andal yang telah sukses sangat dibutuhkan oleh para peserta untuk mengembangkan karyanya,” kata Josua sebagaimana dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa, 14 Juli 2020.

Josua mengungkapkan, event BDD bertujuan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan kapasitas para talenta digital kreatif. Telenta digital tersebut meliputi bidang pengembang aplikasi, gim, website, dan teknologi digital.

Josua memaparkan, BDD hadir dalam tiga program, yakni event online, fasilitasi belajar, dan kompetisi. Adapun untuk event online akan diberikan secara gratis pada 18 dan 19 Juli.

“Nantinya, peserta akan mendapat paparan dan dapat bertanya langsung terkait empat topik yang sangat dibutuhkan industri saat ini seperti Technology Track, Android Track, Game Track; dan Web Track. Keempatnya berlangsung dari pukul 08.00-17.00 WIB selama dua hari,” papar dia.

Fasilitasi Pengembang Aplikasi Mobile dan Pengembang Aplikasi Web

Di samping itu, Direktur Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menjelaskan, terdapat dua pilihan jalur yang tersedia, yakni Pengembangan Front End Web dan Pengembangan Aplikasi Android.

Dia juga menyebutkan bahwa sebanyak 1.250 peserta yang lulus dalam kelas prasyarat akan mendapatkan fasilitas sertifikasi google expert.

“Terakhir kompetisi atau challenge di mana para peserta ditantang untuk berlomba menghasilkan solusi digital terbaik guna memecahkan persoalan sehari-hari. Challange merupakan rangkaian terakhir program BDD yang akan terbuka dari tanggal 1 September hingga 1 Desember 2020,” katanya.

BDD dapat diikuti secara daring dan gratis. Bagi para talenta digital kreatif yang hendak mengikuti event tersebut, dapat mengunjungi tautan https://www.dicoding.com/events/3221.

Sedangkan untuk mengikuti fasilitasi (Pengembang Aplikasi mobile dan Pengembang Aplikasi Web), para talenta digital kreatif bisa langsung mendaftar di https://bdd.kemenparekraf.go.id/registration. (SKO)