Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kita Tangerang tengah memeriksa sejumlah sapi di Peternakan Mandalawangi, Kelurahan Gembor Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Selain pemeriksaan DKP juga memberikan Obat dan Himbauan kepada peternak. Jumat 13 Mei 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Kementan Pastikan Produksi Vaksin PMK Lokal Rampung Agustus 2022

  • Kementerian Pertanian memastikan produksi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) buatan dalam negeri akan rampung pada Agustus 2022
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan produksi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) buatan dalam negeri akan rampung pada Agustus 2022.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga mengatakan hingga saat ini proses produksi vaksin PMK tengah berlangsung di Pusat Veteriner Farma (Pusvetma), Surabaya, Jawa Timur.

"Kami ingin menekankan, kementerian pertanian melalui tim pusvetma yang berada di Surabaya, atau pusat veteriner Farma, juga tengah mempersiapkan vaksin lokal," kata Kuntoro Boga dalam konferensi pers Senin 13 Juni 2022.

Pembuatan vaksin lokal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemeritah dalam mengatasi wabah PMK yang mewabah di 18 provinsi Indonesia dan 180 kabupaten.

Selain memproduksi vaksin lokal, Kementan juga telah melakukan pengadaan vaksin darurat sebanyak 3 juta dosis dan siap disuntikan pada hewan yang rentan tertular PMK.

‘‘Peruntukannya akan diprioritaskan untuk hewan sehat dan beresiko tinggi tertular, yang berada di sumber pembibitan ternak, peternakan sapi perah milik rakyat dan koperasi susu, serta peternakan sapi potong,‘‘ ujar Kuntoro lebih lanjut

Kuncoro mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir terhadap wabah ini, karena pemerintah sedang mengupayakan langkah lanjutan untuk memberantas wabah PMK agar tidak semakin menyebar.