Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Dan Anies Baswedan
Nasional

Kementan Siap Pasok Kebutuhan Pangan DKI Jakarta Jelang Iduladha

  • Jelang Iduladha Kementerian Pertanian (Kementan) diap pasok pemenuhan kebutuhan pangan di wilayah DKI Jakarta.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Jelang Iduladha Kementerian Pertanian (Kementan) diap pasok pemenuhan kebutuhan pangan di wilayah DKI Jakarta. 

Pemenuhan kebutuhan itu antara lain dengan menyediakan ribuan hewan ternak dan komoditas bahan pokok seperti bawang merah, minyak goreng, beras dan aneka jenis cabai.

"Kementan dengan pemprov DKI dan Gubernur melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplay kita cukup dan neraca kita aman," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam kegiatan Launching Dukungan Kementerian Pertanian dalam Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis Bagi Wilayah DKI Jakarta pada Senin, 4 Juli 2022.

Namun untuk cabai dan ternak SYL memastikan akan mendatangkan pasokan besar dari sejumlah daerah diantaranya Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri bahkan sampai pulau Sulawesi.

Terkait hewan ternak Mentan dan jajarannya terus memastikan proses vaksinasi terus berjalan termasuk hewan ternak dari zona merah akan dipantau secara ketat lalu lintasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi atas dukungan Kementan terhadap kebutuhan pangan di Jakarta.

Menurut Anies, kebutuhan hewan ternak untuk kurban di DKI Jakarta 2022 mencapai 47 ribu ekor.Anies menginformasikan bahwa kebutuhan pangan 2022 di wilayah DKI Jakarta meningkat tajam dari sebelumnya 2021 berada di angka 42 ribu.