Ilustrasi seleksi CPNS.
Nasional

Kementerian ESDM Buka Lowongan 172 Formasi CPNS, Simak Daftarnya

  • JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. Masyarakat berminat bisa mendaftar secara online ke laman resmi SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Adapun pendaftaran tersebut dibuka sejak 30 Juni – 21 Juli 2021. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama […]

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Masyarakat berminat bisa mendaftar secara online ke laman resmi SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Adapun pendaftaran tersebut dibuka sejak 30 Juni – 21 Juli 2021.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan, ada 172 formasi dengan 43 jabatan yang bisa didaftar oleh masyarakat lulusan SMK hingga S2.

“Jumlah formasi ini telah mendapat izin prinsip dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB),” kata Agung di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada pendafataran CASN kali ini, Kementerian ESDM juga memberikan kesempatan bagi para lulusan dengan predikat cumlaude dan penyandang disabilitas.

Terdapat tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Agung menambahkan, dari seluruh formasi yang dibuka, terdapat dua formasi yang bisa dilamar oleh lulusan SMK, yaitu Pengamat Gunung Api dan Jenang Kapal. Adapun khusus formasi Jenang Kapal, calon pendaftar harus memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST).

Daftar Formasi dan Jabatan

Sementara tenaga teknis lainnya, dibuka untuk lulusan D-3, D-4, S-1, dan S-2 dengan rincian jabatan analis anggaran, analis hukum, analis kebijakan, analis sumber daya manusia aparatur, analis pengelolaan keuangan APBN, arsiparis, auditor, inspektur ketenegalistrikan, instruktur, pengelola pengadaan barang/jasa, penyelidik bumi, perancang peraturan perundang-undangan, perekayasa, perencana.

Kemudian, pranata hubungan masyarakat, pranata komputer. pustakawan, surveyor, widyaiswara, dosen, teknisi penelitian dan perekayasaan, analis kegiatan usaha hilir minyak dan gas bumi, analis kerja sama, analis ketahanan energi, analis ketenagalistrikan, analis konservasi energi, analis organisasi, analis pelayanan usaha mineral dan batubara, analis pemberdayaan masyarakat, analis penerimaan negara bukan pajak.

Selain itu, ada analis peraturan perundang-undangan dan rancangan peraturan perundang-undangan, analis perlindungan lingkungan pertambangan mineral dan batubara, analis usaha penunjang minyak dan gas bumi, mualim kapal, pengawas keselamatan dan kesehatan kerja.

“Seluruh formasi ini nantinya akan ditempatkan di unit lingkungan Kementerian ESDM, menyesuaikan kebutuhan masing-masing,” ungkap Agung.

Masyarakat yang ingin melihat informasi detail, dapat mengikuti media sosial resmi Kementerian ESDM di Instagram @casnkesdm atau menghubungi Call Center 136 Kementerian ESDM.