rogres pekerjaan aktual pembangunan proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I ruas Semarang-Batang mencapai 91,35% per Mei 2023.
Energi

Kementerian ESDM Pastikan Proyek Pipa Gas Cisem I Tak di Jalur Sesar Gringsing

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pembangunan proyek pipanisasi Cisem tahap I, ruas Batang - Semarang, tidak berada di patahan atau sesar Gringsing.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pembangunan proyek pipanisasi Cisem tahap I, ruas Batang - Semarang, tidak berada di patahan atau sesar Gringsing. 

Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto mengatakan, bahwa hasil kajian Badan Geologi ini merupakan tidak lanjut dari adanya temuan Sesar Gringsing yang berpotensi menimbulkan gempa pada awal Maret 2023 lalu.

"Berdasarkan peta geologi lembar Jawa bagian tengah dan peta geologi lembar Banjarnegara dan Pekalongan tidak ada struktur geologi berupa sesar di daerah tersebut. Berdasarkan peta geologi tersebut infrastruktur jalur pipa gas yang melewati wilayah Kabupaten Batang tidak berada pada Sesar Weleri/ Sesar Gringsing," katanya dilansir pada Selasa, 13 Juni 2023.

Sugeng menggambarkan kondisi geologi daerah Sesar Gringsing terlihat relief sedang dan bukan merupakan pantai landai berdasarkan data Denmas. 

Berdasarkan Peta Kawasan Rawan Bencana Gempa Bumi (KRBG) yang diterbitkan oleh Badan Geologi (BG), zona Sesar Weleri terletak pada KRBG rendah artinya Kawasan yang berpotensi terlanda guncangan gempa bumi pada skala V MMI (Modified Mercally Intensity).

Kementerian ESDM sendiri dalam perencanaan dan pelaksanakan pembangunan infrastruktur ESDM tetap memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek kegeologian dan kebencanaan.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan memastikan proyek pembangunan pipa gas bumi Batang-Semarang dilakukan dengan hati-hati melalui kajian teknis mendalam dan pemasangan pipa yang lebih dalam sehingga diharapkan tidak akan membahayakan masyarakat.

Progres pekerjaan aktual pembangunan proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I ruas Semarang-Batang mencapai 91,35% per Mei 2023.