Tutuka Adji Dirjen Migas.png
Nasional

Kementerian ESDM Tawarkan Wilayah Kerja Migas Akia, Belugayang dan Bengara I

  • Pertama WK Akia berlokasi di lepas pantai kalimantan utara, kedua WK beluga berlokasi di lepas pantai Natuna barat dan WK Bengara I berlokasi di daratan Kalimantan Utara.

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengumumkan penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi nasional.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengungkapkan, ada tiga wilayaj kerja (WK) yang ditawarkan dalam tahap ini.

Pertama WK Akia berlokasi di lepas pantai kalimantan utara, kedua WK beluga berlokasi di lepas pantai Natuna barat dan WK Bengara I berlokasi di daratan Kalimantan Utara.

"Terdapat 3 WK yang saat ini kami tawarkan. 2 WK ditawarkan degan mekanisme penawaran langsung dan 1 WK melalui penawaran langsung tanpa studi bersama sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Tutukan dalam Pengumuman Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023 untuk WK Akia, Beluga dan Bengara I pada Senin, 10 April 2023.

Tutuka menjelaskan lebih lanjut, potensi masing-masing WK yang ditawarkan, di mana seluruhnya menggunakan skema bagi hasil Cost Recovery.

Untuk WK Akia berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 billion barel oil (BBO) minyak dan 9 triliun cubic feet (TCF) gas. Lokasi WK Akia ini  berdekatan dengan beberapa WK yang sudah terbukti potensi hidrokarbonnya seperti Tarakan, Bunyu dan Nunukan.

Selanjutnya WK Belugayang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat merupakan  WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 360 juta barel oil (MMBO) minyak dan 50 billion cubic feet (BCF) gas. Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

dan terkahir WK Bengara I berlokasi di Dataran Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 90 juta barel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas. Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti  seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi.

Jadwal dari Lelang WK Migas Tahap I Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

A. Lelang Penawaran Langsung

Akses Bid Document: mulai tanggal 10 April 2023 s.d. 8 Mei 2023
Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 9 Mei 2023

B. Lelang Penawaran Langsung tanpa Studi Bersama

Akses Bid Document: mulai tanggal 10 April 2023 s.d. 8 Mei 2023
Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 9 Mei 2023