Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengahadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR, Kamis, 9 Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Foto

Kementerian PUPR Kejar 10 Proyek Infrastruktur Berskema KPBU di 2023

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 10 proyek infrastruktur akan dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dengan ba
Foto
Ismail Pohan

Ismail Pohan

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 10 proyek infrastruktur akan dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pada 2023.

Pada rapat bersama Komisi V DPR RI, Jakarta, 9 Juni 2022, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pada tahun depan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur mendapat alokasi anggaran sebesar Rp160 miliar untuk mengeksekusi sejumlah proyek, di antaranya proyek-proyek KPBU.

Basuki memaparkan proyek KPBU yang tengah dalam tahap penyiapan di antaranya adalah proyek Bandung Intra Urban Toll Road, Bendungan Muara Juloi, Rusun TOD Maminasata dan SPAM Regional Petanglong.

Selain itu, Basuki mengatakan terdapat 16 proyek KPBU yang sedang tahap transaksi di antaranya adalah Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta, Rusun Cisaranben Bina Harapan Bandung, Bendungan Merangin, dan SPAM Regional Jatigede.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan Pagu indikatif Rp98,21 triliun pada 2023. Angka itu lebih rendah jika dibandingkan usulan kebutuhan Pagu anggaran 2023 yaitu Rp159,62 triliun.

Foto: Ismail Pohan/TrenAsia