Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan 10 ruas jalan tol baru di Jawa dan Sumatra bakal beroperasi sementara untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023.
Nasional

Kementerian PUPR Lelang Ulang Proyek Tol Akses Patimban

  • Proyek pembangunan jalan tol yang dilelang ulang meliputi tiga paket pekerjaan dengan nilai pekerjaan total sebesar Rp2,78 miliar.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Proyek Tol Akses Patimban yang menguhubungkan kawasan industri Jawa Barat dengan Pelabuhan Patimban dilelang ulang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Merujuk keterangan Dirjen Bina Marga, lelang atau tender ulang dilakukan karena adanya ketidaksempurnaan. Namun demikian, tidak dijelaskan secara rinci bagian terkait ketidaksempurnaan tersebut.

Adapun proyek pembangunan jalan tol yang dilelang ulang meliputi tiga paket pekerjaan dengan nilai pekerjaan total sebesar Rp2,78 miliar. Terdapat empat paket pekerjaan di mana tiga paket akan dilelang ulang dan satu paket lainnya sudah mendapat pemenang lelang. 

Mengutip dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, Rabu 5 Juli 2023, diketahui jika proyek yang dilelang ulang meliputi paket satu dengan nilai pekerjaan Rp1 triliun, paket dua dengan nilai pekerjaan Rp884,1 miliar, dan paket tiga dengan nilai pekerjaan Rp896,1 miliar. Proses lelang ulang membuat proyek pembangunan akses jalan tol Patimban yang direncanakan mulai Mei menjadi mundur.

Dalam proses tender, paket empat dengan nilai pagu Rp1,2 triliun dimenangkan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang memberikan penawaran senilai Rp1,181 triliun. Pekerjaan proyek paket empat telah memasuki pada tahap penandatanganan kontrak sehingga dapat bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Proyek pembangunan akses jalan tol Patimban dilakukan sepanjang 37 kilometer dan diperkirakan menelan biaya investasi hingga Rp5 triliun dan masa konsesi selama 50 tahun. Proyek pembangunan jalan tol tersebut terbagi menjadi 5 seksi. 

Seksi 1 membentang sepanjang 2,65kilometer dari Junction Cipeundey hingga SS Cipeundey. Seksi 2 sepanjang 10,06kilometer dari SS Cipeundey hingga SS Pasir Bungur. Pembangunan Seksi 1 dan 2 ini merupakan kewenangan dari Badan Usaha Jalan Tol PT Jasamarga Akses Patimban.

Kemudian, seksi 3 membentang sepanjang 16,10kilometer dari SS Pasir Bungur hingga SS Tambak Dahan. Lanjut seksi 4 sepanjang 7,11kilometer dari SS Tambak Dahan hingga SS Pusakanegara dan terakhir Seksi 5 sepanjang 1,13kilometer dari SS Pusakanegara hingga Patimban. Seksi 3 dan 5 ini menjadi kewenangan pemerintah dalam pembangunannya.