Jembatan Sei Alalak dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Nasional

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan 3 Jembatan Gantung di Jateng

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan tiga jembatan gantung di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan tiga jembatan gantung di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Proyek ini diklaim dapat memangkas jarak antar desa agar semakin dekat dan konektivitas masyarakat sekitar semakin mudah dan cepat.

Tiga jembatan gantung yang telah diselesaikan tersebut di antaranya Jembatan Gantung Sidareja dan Jembatan Gantung Tanalum di Kabupaten Purbalingga, serta Jembatan Gantung Nagasari - Suwidak di Kabupaten Banjarnegara.

"Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses masyarakat menuju sekolah, pasar, tempat kerja, atau mengurus administrasi ke kantor pemerintah setempat," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Senin, 23 Mei 2022.

Lebih rinci lagi, Jembatan Gantung Sidareja berada di lokasi di Desa Sidareja dan Jembatan Gantung Tanalum berlokasi di Desa Tanalum dengan panjang 96 meter (m) dan lebar1,8 m.

Kemudian Jembatan Gantung Nagasari - Suwidak berada di Desa Nagasari - Suwidak dengan panjang 6 m dan lebar jembatan1,8 m.

Pembangunan ketiga jembatan gantung di Jawa Tengah ini dimulai pada 2021 dan selesai pada 2022. Dengan adanya jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar kawasan serta meningkatkan produktivitas perekonomian. 

Untuk diketahui, Kementerian PUPR juga baru saja menyelesaikan pembangunan dua jembatan yakni Jembatan Sanggragan CS dan Jembatan Gantung Kalijogo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).