Candi Borobudur.
Nasional

Kementerian PUPR Rampungkan Proyek Jalan dan Jembatan Kawasan Candi Borobudur Senilai Rp357 Miliar

  • Ada tujuh paket proyek pembangunan jaringan jalan dan jembatan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur yang sudah rampung dikerjakan.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jaringan jalan dan jembatan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur. Proyek yang menelan biaya Rp357,06 miliar itu selesai dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah dengan total sebanyak tujuh paket pengerjaan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai akan mengubah wajah kawasan Candi Borobudur, sekaligus juga mempercepat pengembangan destinasi wisata Borobudur dan meningkatkan layanan akses bagi wisatawan untuk mencapai destinasi wisata tersebut.

"Layanan jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian lokal di kawasan wisata," tutur Basuki, dalam keterangan resmi, Senin, 16 Mei 2022.

Adapun tujuh paket pengerjaan yang dilakukan itu mencakup pekerjaan peleberan jalan, rekonstruksi jalan, pemeliharaan rutin, rehabilitasi trotoar dan drainase hingga pembangunan jembatan. Pengerjaan ketujuh paket pekerjaan tersebut dilaksanakan secara bertaham mulai tahun 2020 sampai 2021.

Pada 2020, telah selesai empat paket pekerjaan penanganan jalan dan jembatan sepanjang 35,4 kilometer (km) dengan nilai kontrak sebesar Rp178,82 miliar. Keempat paket pekerjaan itu telah diserahterimakan, yakni pelebaran Jalan Sentolo - Nanggulan – Dekso sepanjang 15,6 km, preservasi Jalan Yogyakarta - Tempel - Pakem - Prambanan sepanjang 2,4 km, preservasi Jalan Pringsurat - Secang - Keprekan sepanjang 8,5 km, dan preservasi Jalan Keprekan - Muntilan – Salam (Batas DIY) sepanjang 8,59 km.

Sementara pada  2021, dilanjutkan penanganan 3 paket pekerjaan jalan dan jembatan sepanjang 37,53 km dengan anggaran Rp178,23 miliar yang meliputi rehabilitasi Jalan DPSP Borobudur sepanjang 24,4 km, preservasi Jalan Keprekan Borobudur sepanjang 12,8 km, dan pembangunan Jembatan Kali Progo Cs sepanjang 160 meter berikut penanganan Jembatan Kali Elo Mendut di Kabupaten Magelang sepanjang 40 meter.

Peningkatan konektivitas DPSP Borobudur sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk menciptakan kawasan pariwisata baru atau 10 Bali Baru yang dapat menjadi lokomotif perekonomian Indonesia untuk menarik investasi baru, menambah lapangan kerja, serta meningkatkan jumlah wisatawan.

Adapun penataan trotoar, pembangunan jembatan, dan pedestrian yang dilakukan di DPSP Borobudur tetap memperhatikan aspek estetika yang serasi dengan upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia atau World Heritage Site.