<p>Sumber: Twitter @TravelGov</p>
Dunia

Kemlu AS Berencana Tingkatkan Batasan Perjalanan ke 80 Persen Kawasan Dunia

  • Kementrian Luar Negeri AS mengumumkan rencana untuk meningkatkan pedoman larangan berpergian ke sekitar 80% kawasan di seluruh dunia Selasa 20 April 2021.

Dunia
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA- Kementrian Luar Negeri AS mengumumkan rencana untuk meningkatkan pedoman larangan berpergian ke sekitar 80% kawasan di seluruh dunia Selasa 20 April 2021.

“Update ini menghasilkan peningkatan signifikan dalam jumlah negara di tingkat 4: Jangan bepergian, ke sekitar 80% negara di seluruh dunia,” demikian pernyataan Kemlu AS dikutip dari CNBC.

Sebelumnya, Kemlu Amerika Serikat memasukan 34 negara dalam daftar kawasan yang dilarang dikunjungi bagi warga AS.

Termasuk di antaranya ialah Kosovo Chad, Kenya, Brazil, Argentina, Haiti, Mozambik, Rusia and Tanzania.

Namun dengan diberlakukannya kebijakan baru tersebut, maka pemerintah AS kemungkinan akan melarang warganya berpergian ke hampir 130 negara.

Kemlu AS menyampaikan, langkah ini menyesuaikan sistem pedoman perjalanan (travel advisory) terhadap penilaian situasi epidemiologi  dari pusat pengendalian penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention’s/CDC).

“Sebagai wisatawan yang menghadapi risiko COVID-19, kami telah memperbarui pedoman perjalanan kami untuk mencerminkan peringatan berbasis keilmuan dari @CDC,” demikian kicauan akun resmi Kemlu AS.

Mengutip dari laman resmi Kemlu AS, pedoman perjalanan AS terdiri dari 4 level, level pertama tindakan pencegahan normal (normal precautions).

Kemudian level dua yaitu warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan (Increased Caution).

Pada  level 3 warga disarankan menghindari perjalanan di kawasan yang ditunjuk (Reconsider Travel) karena adanya risiko serius atas keselamatan dan keamanan.

Lalu pada level ke empat, warga AS diharuskan untuk tidak berpergian ke kawasan yang dipilih (Do Not Travel) karena adanya resiko tertinggi yang dapat mengancam nyawa. (RCS)