Aldabra
Gaya Hidup

Kenali Aldabra Sebelum Dipelihara, Kura-Kura Raksasa dan Bisa Hidup 200 Tahun

  • Bersama kura-kura Galapagos dan Sulcata, Aldabra menempati posisi kedua sebagai kura kura darat terbesar di dunia.

Gaya Hidup

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Aldabra merupakan salah satu jenis kura kura darat terbesar didunia. Aldabra mampu mencapai berat 300kg lebih, panjang hingga 1,5 Meter  dan bisa mencapai umur  200 tahun.

Bersama kura-kura Galapagos dan Sulcata, Aldabra menempati posisi kedua sebagai kura kura darat terbesar di dunia. Aldabra berasal dari pulau atoll Aldabra yang terletak di Samudra Hindia. Dengan lokasi terpencil ditengah Samudra membuat populasi kura kura ini terpelihara selama ribuan tahun.

Habitat asli Aldabra adalah padang rumput, semak belukar yang rendah, hutan bakau, dan bukit pasir pantai. Habitat tersebut menyediakan sumber makanan melimpah bagi aldabra.

Aldabra merupakan hewan omnivora, mereka terbiasa memakan tumbuh tumbuhan dan buah. Selain itu di alam liar aldabra dapat memakan hewan lain disekitar populasinya.

Aldabra berkembang biak dengan cara bertelur, Sekali bertelur aldabra dapat menghasilkan 9-25 telur. Mereka akan bertelur pada bulan Februari sampai Mei. Seperti penyu, aldabra akan menimbun telurnya di dalam tanah, beselang 8 bulan kemudian separuh dari telur telur itu akan menetas.

Kini banyak orang yang memelihara Aldabra. Kura-kura ini  makin banyak dikembang biakan oleh manusia. Mesikipun telah banyak di kembangbiakan status Aldabra sebagai hewan langka membuat harga jual seekor aldabra dewasa bisa mencapai ratusan juta rupiah. Aldabra yang baru menetas biasa dihargai dikisaran harga Rp 10 Juta hingga Rp 20 Juta. Sebagai perbandingan kura kura darat Sulcata yang baru menetas banyak dijual di marketplace dengan harga perekor  Rp 1-2 juta .

Cara Merawat Aldabra

Dalam merawat Aldabra tidaklah sulit, anda hanya perlu menjaga kebersihan kendang dan rajin membersihkan kotoran.

Selain itu menjaga kebersihan Aldabra juga penting dilakukan guna menghindari infeksi jamur. Anda cukup menggosok cangkang dan badan Aldabra dengan pelan menggunakan sikat lembut. 

Aldabra yang sakit atau terkena infeksi jamur ditandai dengan kurangnya nafsu makan, selain itu kura kura juga menunjukan gejala pengurangan aktifitas gerak.

Pola makan aldabra juga penting agar hewan ini mendapatkan gizi yang sesuai. Pastikan anda tidak memberikan protein berlebih pada kura kura ini. Kelebihan protein dapat menyebabkan kecacatan pada Aldabra. Aldabra yang dipelihara manusia biasa diberimakan aneka sayuran atau buah, seperti sayur kol, sawi,