Kenali Apa Itu Carbonara, Makanan Khas Italia yang Lagi Viral di Instagram
Destinasi & Kuliner

Kenali Apa Itu Pasta Carbonara, Makanan Khas Italia yang Lagi Viral di Instagram

  • Beberapa waktu lalu, selebgram dengan username Instagram @revinavt tampak memprotes resep pasta carbonara yang diunggah oleh seorang food vlogger. Menurut @revinavt, hidangan yang disebut food vlogger tersebut bukan merupakan pasta carbonara bahkan menyebut resep tersebut ngawur. Lalu, apa sebenarnya carbonara?
Destinasi & Kuliner
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, selebgram dengan username Instagram @revinavt tampak memprotes resep pasta carbonara yang diunggah oleh seorang food vlogger. Menurut @revinavt, hidangan yang disebut food vlogger tersebut bukan merupakan pasta carbonara bahkan menyebut resep tersebut ngawur. Lalu, apa sebenarnya carbonara?

Pasta carbonara yang viral di Instagram/ Instagram.com/itsgitcha

Apa Itu Pasta Carbonara?

Seperti yang dilansir dari laman Delighted Cooking, carbonara merupakan saus Italia untuk pasta yang telah muncul di beberapa titik setelah Perang Dunia Kedua. Bahan inti carbonara adalah pancetta, campuran keju, telur, dan lada hitam yang baru dipecah. 

Kata Carbonara berasal dari bahasa Italia yaitu carbone yang berarti batubara. Banyak teori yang menjelaskan bagaimana carbone saat ini menjadi carbonara. Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa nama carbonara merujuk pada potongan lada hitam yang mirip batu bara di piring. 

Untuk membuat carbonara khas Italia, koki akan memasak semua jenis pasta panjang seperti spaghetti, linguini, atau fettucini. Dalam wajan terpisah, pancetta dan bawang putih akan dimasak dalam campuran mentega dan minyak zaitun sebelum disisihkan.

Telur dan merica akan dikocok dalam mangkuk kecil bersama dengan keju seperti Parmesan dan Pecorino. Saat pasta ditiriskan, sebagian air akan disisihkan dan dituangkan kembali ke dalam panci pasta bersama dengan pasta dan pancetta. Bahan-bahan tersebut akan dicampur dengan adonan telur dan carbonara bisa langsung disajikan.

Rekomendasi Restoran dengan Hidangan Carbonara Terenak

Bagi Anda yang ingin merasakan pasta carbonara terenak, Anda bisa mencoba beberapa restoran di Jakarta rating tinggi dengan hidangan pasta carbonara terenak berikut ini.

1. Osteria Gia

Osteria Gia terletak di Pacific Place Mall. Restoran ini menyediakan spaghetti carbonara yang berisi egg yolk dan crispy pork belly. Bagi Anda yang ingin memesan pasta carbonara, Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp185.000.

2. Pasta, bitte! Jakarta

Restoran ini terletak di Jl. Kemang Selatan I  No.22F, RT.5/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Restoran ini menyajikan Smoked Beef Carbonara yang berisi cream, parmesan, egg yolk, dan smoked beef. Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp86.000 per hidangan pasta carbonara.

3. Roma Osteria & Bar

Restoran ini terletak di Sequis Tower Ground Floor #03-01, Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 71, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190. Anda bisa mendapatkan spaghetti carbonara di restoran ini yaitu Spaghetti Carbonara with Guanciale yang berisi Roman smoked pork cheek, egg yolk, Pecorino Romano, dan lada hitam. Untuk mendapatkannya, pasta ini dibandrol dengan harga sekitar Rp185.000.

Itu tadi penjelasan mengenai pasta carbonara serta rekomendasi restoran yang menyediakan spaghetti carbonara yang diklaim enak atau rating tinggi.