<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Kenali Monday Blues, Ketakutan Hari Senin yang Sering Dialami Banyak Orang

  • Inilah penjelasan dan cara mengatasi serta mencegah Monday Blues atau ketakutan menghadapi hari Senin yang sering dialami banyak orang.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Istilah Monday Blues bisa diartikan sebagai ketakutan menghadapi hari Senin. Hal ini biasanya terjadi dengan gejala seperti tubuh terasa lesu di awal minggu kerja setelah libur di akhir pekan.

Akhir pekan yang terasa santai dan menyenangkan tiba-tiba harus memasuki hari kerja yang tidak menyenangkan pada hari Senin memang dapat mengecewakan banyak orang. Tidak mengherankan jika adanya hari Senin ini menimbulkan perasaan tegang, kewalahan, atau tubuh menjadi lesu.

Alasan Mengapa Terjadi Monday Blues

Banyak orang yang ketakutan menghadapi hari Senin karena ternyata banyak orang yang meninggalkan semua kebiasaan teratur atau normal seperti makan, tidur, dan olahraga, sejak hari Jumat sore.

Jika Anda mengonsumsi makanan secara tidak teratur dan memiliki pola tidur yang tidak terjaga pada hari Sabtu dan Minggu, maka ada kemungkinan Anda akan merasa kurang sehat ketika Senin pagi.

Cara Mengatasi Monday Blues

Bagi Anda yang tidak ingin selama-lamanya terjebak dalam Monday Blues ini, ada baiknya jika Anda mulai menerapkan beberapa hal berikut.

1. Mengidentifikasi masalah

Hal pertama yang dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri apa yang salah. Jika Anda mengalami Monday Blues hampir setiap minggu, maka hal ini bukan lagi sesuatu yang masih bisa Anda tertawarakan atau jalani begitu saja. Hal ini bisa jadi sebuah pertanda bahwa Anda tidak bahagia di tempat kerja dan Anda perlu memperbaikinya atau pindah dan mencari pekerjaan lain.

2. Bersiap untuk hari Senin sejak hari Jumat

Hari Senin memang bisa menjadi sangat menengangkan karena adanya pekerjaan yang menumpuk dari minggu sebelumnya dan ini tentunya menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi kecemasan pada hari Senin pagi, pastikan untuk meminimalisir tugas yang masih menumpuk pada Jumat sore. Namun, jika Anda memiliki tugas yang tidak menyenangkan dan menunggu di Senin pagi, maka segeralah selesaikan pekerjaan itu sedini mungkin agar Anda tidak menghabiskan sisa hari itu dengan menunda-nunda menyelesaikan beban pekerjaan.

3. Hindari semua hal yang terkait dengan pekerjaan ketika di akhir pekan

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari memeriksa email kantor atau pesan suara selama akhir pekan. Mungkin ketika akhir pekan, Anda tergoda untuk mengetahui tugas apa yang menunggu Anda. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda menarik batasan yang jelas antara pekerjaan dan waktu pribadi untuk membantu menjaga semua hal tetap terkendali.

4. Tidur yang cukup dan bagun pagi

Cobalah untuk tidur sedikit lebih awal ketika Minggu malam dan pastikan Anda tidur yang cukup sehingga Anda bangun dengan perasaan istirahat yang cukup. Jika Anda hanya tidur selama beberapa jam, maka Anda mungkin tidak akan merasa nyaman ketika alarm berbunyi pada Senin pagi.

5. Memiliki rencana setelah bekerja

Hari Anda tentunya tidak harus dihabiskan dengan selalu bekerja. Ada baiknya jika mulai sekarang Anda memiliki rencana setelah bekerja di hari Senin seperti akan membuat makan malam favorit, menonton acara TV atau series favorit, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk lebih bersemangat menjalani hari Senin dengan baik.

Itu tadi penjelasan dan cara mengatasi serta mencegah Monday Blues atau ketakutan menghadapi hari Senin yang sering dialami banyak orang.