Tekno

Kenapa Tank T-72 Rusia Bernasib Sengsara  di Ukraina?

  • JAKARTA-Main Battle Tank atau MBT T-72  milik Rusia mengalami kesulitan di medan perang Ukraina. Banyak foto dan video yang menunjukkan tank ini rusak para
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Main Battle Tank atau MBT T-72  milik Rusia mengalami kesulitan di medan perang Ukraina. Banyak foto dan video yang menunjukkan tank ini rusak parah dihantam rudal antitank lawan.

Ada T-72 yang jatuh dari jembatan dengan krunya tenggelam. Para prajurit juga duduk sangat dekat dengan penyimpanan amunisi sehingga tembakan dari rudal anti-tank membuat bola api besar. Tembakan mortir mendarat di T-72. 

Tank-tank  diledakkan oleh ranjau. Drone menembakkan rudal udara-ke-darat mereka. Dan tentu saja peluru kendali anti-tank Javelin, Stugna, dan NLAW mempersulit T-72 dengan semua variannya.

Menurut Blok Oryx yang menghitung kendaraan yang jadi korban di perang Ukraina berdasarkan foto yang ada menyebutkan, sekitar 400 tank Rusia telah hancur atau ditangkap. Dari jumlah itu mayoritas didomnasi oleh T-72

T-72 telah ada sejak 1971 dan dibangun untuk perang melawan NATO selama puncak Perang Dingin. Tank dirancang untuk menggantikan T-64 dan berevolusi dari sana.

T-72 memiliki profil rendah yang seharusnya membuatnya lebih bisa bertahan. Inovasi baru pada saat itu adalah auto-loader untuk memungkinkan tembakan yang lebih cepat dan untuk mengurangi tekanan dari awak tiga prajurit sehingga dapat berkonsentrasi pada mobilitas dan memperoleh lebih banyak target.

Tank T-72/Russia MoD

Tank ini menjadi pekerja keras dan  diproduksi dalam jumlah banyak. Soviet membuat lebih dari 17.000 T-72. Dan  setelah runtuhnya Uni Soviet, Rusia terus memproduksinya sampai mereka memiliki sekitar 9.000. Dari jumlah itu  2.000 di antaranya dalam pelayanan pada tahun 2020 dan sisanya dalam penyimpanan. 

T-72 juga menikmati pasar ekspor yang besar selama bertahun-tahun dengan 30 negara telah mengadopsinya.

Varian yang  bertempur di Ukraina kemungkinan adalah T-72B3 dan T-72B3M. T-72B3 yang sekarang dianggap sebagai tank generasi ke-3  diperkenalkan pada tahun 2010. Ini  adalah model paling populer di medan perang saat ini dengan sekitar 1.300 dalam pelayanan dengan Rusia.

T-72B3 memiliki pelindung yang lebih tebal, sistem pengendalian tembakan yang lebih baik, dan pemandangan modern. Kemudian pada 1990-an, tank mendapat mesin baru dan pelindung reaktif  Kontakt-5. 

Dengan kecepatan 43 mil per jam di jalan raya, varian ini lebih cepat dan lebih dapat bermanuver daripada T-72 asli. Ada laser range-finder dan pemandangan termal. T-72B3 dapat menembakkan peluru anti-tank dan sabot dengan daya ledak tinggi dari meriam smoothbore 125mm miliknya.

Kenapa masih kesulitan?

Dengan semua peningkatan ini mengapa  tank masih mengalami kesulitan di medan perang di Ukraina? Pertama tingginya jumlah T-72B3 yang berarti akan secara otomatis juga akan menanggung kerugian terberat.

Masalah selanjutnya adalah rudal  anti-tank. Seperti kebanyakan tank, ia memiliki kelemahan di bagian atas turretnya di mana armor tertipis. Dan  itulah yang ditargetkan Javelin untuk efek mematikan.

Tank ini juga mudah disergap. T-72B3  melakukan perjalanan di jalan di mana Ukraina dapat melakukan penyergapan karena musuh mengetahui lokasi lebih baik. 

Masalah  jalur pasokan yang bermasalah juga menjadikan banyak tank  kehabisan bahan bakar dan amunisi. Kru Rusia kadang-kadang meninggalkan tank dan membiarkan Ukraina menangkapnya. Ukraina juga semakin  terampil menggunakan sistem tak berawak Bayraktar TB2 buatan Turki yang mematikan melawan T-72B3. Ranjau anti-tank pun telah menembus baju besi tank.

Rusia kemudian  mencoba mengubah taktik. Mereka menggunakan drone pengintai dan helikopter  untuk terbang di depan kolom lapis baja guna mengendus penyergapan. Tetapi Ukraina memiliki MANPAD Stinger dan dapat menembak jatuh pesawat itu.

Para jenderal Rusia mengira T-72B3 dapat menembus garis Ukraina dan berlari tanpa henti untuk merebut daerah perkotaan.  

Rusia berasumsi akan ada perang tank-on-tank dan karena mereka menikmati keunggulan kekuatan  jumlah besar, T-72B3 dapat mengalahkan lawannya.

Tetapi Rusia tidak merencanakan masalah logistik dan kerentanan terhadap rudal anti-tank dan drone. Itu adalah kesalahan  perhitungan dan T-72 menjadi salah satu korban paling sengsara.