Konser Coldplay bertajuk A Head Full of Dreams beberapa tahun lalu.
Gaya Hidup

Kepastian Konser Coldplay di Indonesia Bakal Diumumkan Mei

  • Rumor Chris Martin dkk. bakal manggung di Indonesia sudah mengemuka sejak awal April 2023. Pelantun lagu Fix You itu disebut-sebut bakal menggelar konser di Jakarta pada November 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Kabar konser Coldplay di Indonesia pada tahun ini bakal segera menemui kejelasan. Hal itu setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menjanjikan memberi kepastian pada Mei 2023. 

Saat ini penggemar Coldplay di Tanah Air memang masih menanti-nanti kepastian konser band Britpop asal Inggris tersebut. Diketahui, rumor Chris Martin dkk. bakal manggung di Indonesia sudah mengemuka sejak awal April 2023. Pelantun lagu Fix You itu disebut-sebut bakal menggelar konser di Jakarta pada November 2023. 

Kabar itu semakin santer setelah Sandiaga Uno mengunggah informasi mengenai konser Coldplay di Instagram-nya beberapa waktu lalu. Namun tak lama kemudian unggahan itu dihapus. Belum lama ini Sandiaga kembali membahas soal konser Coldplay. Dia memberi kabar bahwa kepastian konser band tersebut bakal segera diumumkan. “Tunggu awal Mei,” ujar Sandiaga di Jakarta, Kamis 27 April 2023. 

Pihaknya mengatakan informasi resmi soal aksi Coldplay baru dapat diumumkan setelah semua proses rencana pelaksanaan dilalui. Sandiaga memperkirakan kepastian tersebut bakal disampaikan maksimal akhir Mei. Dia meminta publik bersabar. “Di pekan kedua atau ketiga Mei,” tutur lelaki yang baru saja hijrah ke Partai Persatuan Pembangunan tersebut. 

Kabar rencana konser Coldplay di Indonesia kali pertama mengemuka setelah akun Instagram @seasia.co mengunggah cuplikan konser Coldplay dan memberi kode bagi masyarakat Asia Tenggara. “See u this year in SEA @coldplay,” demikian tulis @seasia.co akhir pekan lalu. Tak lama kemudian akun @jakartakonser membeberkan bahwa promotor yang akan memboyong Coldplay adalah Third Eye Management. 

Isu Coldplay manggung di Indonesia semakin santer setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilaporkan sudah dipesan 5-17 November 2023. Pemesanan hampir dua pekan itu disebut untuk keperlluan pertunjukan musik artis internasional. Kabar yang beredar di lini masa Twitter menyebutkan Coldplay bakal tampil selama dua hari di Jakarta.

Warganet pun mulai mengaitkan hal tersebut dengan tur dunia Coldplay yang bertajuk Music of the Spheres. Dalam agenda tur band, Chris Martin dkk. bakal menyelesaikan perjalanan mereka di Eropa pada 19 Juli 2023 di Amsterdam, Belanda. Setelah itu, Coldplay diprediksi bakal mengumumkan jadwal turnya di kawasan Amerika Utara, Asia dan Australia. Coldplay sendiri belum pernah tampil di Indonesia sejak terbentuk tahun 1996.