Mantap! Aplikasi ChatGPT Kini Sudah Ada di Ponsel Android
Tekno

Kepopuleran ChatGPT Berhasil Gaet 23 Persen Pengguna Dewasa Amerika, Ternyata Dipakai untuk Ini

  • Sejak Maret 2023, Pew Research juga telah melacak tiga alasan potensial mengapa orang Amerika mungkin menggunakan ChatGPT: untuk bekerja, untuk belajar sesuatu yang baru, atau untuk hiburan.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Setelah lebih dari satu tahun sejak ChatGPT pertama kali diperkenalkan kepada publik. Penggunaannyapun semakin meningkat di antara orang Amerika. 

Menurut survei Pew Research Center yang dilakukan pada bulan Februari, 23% dari orang dewasa di AS mengatakan bahwa mereka pernah menggunakan ChatGPT, naik dari 18% pada bulan Juli 2023.

Survei yang sama juga menanyakan kepada orang Amerika tentang berbagai cara mereka menggunakan ChatGPT, seperti untuk tugas-tugas di tempat kerja, pembelajaran, dan hiburan. 

Meskipun semakin banyak orang Amerika menggunakan chatbot untuk tujuan ini, sebagian besar dari mereka tetap waspada terhadap informasi yang mungkin diberikan oleh ChatGPT mengenai pemilihan presiden AS tahun 2024. 

Sekitar empat dari sepuluh orang dewasa tidak terlalu percaya atau sama sekali tidak percaya pada informasi tentang pemilihan yang berasal dari ChatGPT. Hanya sebagian kecil, yaitu 2%, yang sangat percaya atau cukup percaya.

Siapa yang Telah Menggunakan ChatGPT?

Sebagian besar orang Amerika masih belum menggunakan chatbot ini, meskipun ada peningkatan penggunaan sejak survei pada bulan Juli 2023. Namun, ada beberapa kelompok yang jauh lebih mungkin menggunakan ChatGPT daripada yang lain.

Perbedaan Menurut Usia

Orang dewasa di bawah 30 tahun adalah yang paling mencolok. Sebanyak 43% dari mereka telah menggunakan ChatGPT, naik 10 poin persentase sejak tahun sebelumnya. 

Penggunaan chatbot juga meningkat sedikit di antara mereka yang berusia 30 hingga 49 dan 50 hingga 64 tahun. Namun, kelompok-kelompok ini tetap kurang mungkin menggunakan teknologi ini dibandingkan dengan orang muda. Hanya 6% dari orang Amerika yang berusia 65 tahun keatas telah menggunakan ChatGPT.

Sebagian besar orang Amerika di bawah 30 tahun yang bekerja sekarang telah menggunakan ChatGPT untuk bekerja. Penggunaan chatbot ini juga menonjol untuk kepentingan belajar, terutama di kalangan orang muda. 

Ketika berbicara tentang hiburan, orang di bawah 50 tahun lebih mungkin menggunakan ChatGPT untuk tujuan ini.

Perbedaan Menurut Pendidikan

Orang dewasa yang memiliki pendidikan tinggi paling mungkin telah menggunakan ChatGPT. Sebanyak 37% dari mereka yang memiliki gelar pascasarjana atau gelar lanjutan lainnya telah menggunakan ChatGPT. 

Persentase ini lebih tinggi daripada mereka yang hanya memiliki gelar sarjana, beberapa pengalaman kuliah, atau hanya memiliki ijazah sekolah menengah atau kurang.

Bagaimana Orang Amerika Menggunakan ChatGPT?

Sejak Maret 2023, Pew Research juga telah melacak tiga alasan potensial mengapa orang Amerika mungkin menggunakan ChatGPT: untuk bekerja, untuk belajar sesuatu yang baru, atau untuk hiburan.

Penggunaan ChatGPT untuk bekerja, belajar, atau hiburan telah meningkat di semua kelompok usia selama setahun terakhir. Namun, ada perbedaan mencolok antara kelompok-kelompok ini.