Ilustrasi Team
Gaya Hidup

Kepribadian Rekan Tim Sangat Berbeda dengan Anda? Coba 5 Tips Ini Agar Pekerjaan Tetap Lancar

  • Salah satu akar penyebab terjadinya konflik yang paling umum adalah kepribadian yang berbenturan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Konflik adalah hal yang sangat umum terjadi di tempat kerja. Bayangkan saja, sekelompok orang yang berbeda harus bekerja di ruangan yang sama selama delapan jam sehari dalam seminggu.

Konflik di tempat kerja tidak bisa dihindari, namun bisa untuk dikelola. Salah satu akar penyebab terjadinya konflik yang paling umum adalah kepribadian yang berbenturan.

Tentu merubah kepribadian Anda bukanlah solusi yang cukup baik. Alih-alih lakukan hal berikut untuk mengurangi konflik di tempat kerja.

1. Sadari bahwa Anda tidak akan cocok dengan semua orang

Anda tidak mungkin menyukai semua orang yang Anda temui sama halnya seperti tidak mungkin semua orang yang Anda temui menyukai Anda. Dan itu sangat normal jadi tidak apa-apa.

Menjadi sosok yang disukai banyak orang hanya akan menguras energi Anda dan belum tentu juga hasilnya akan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ketika Anda sudah menyadari hal ini, maka beban Anda akan terasa lebih ringan. Satu kunci penting yang bisa Anda pegang adalah bahwa bagaimanapun berbedanya kepribadian Anda dengan rekan tim, bersikap ramah dapat menjadi kunci untuk kesuksesan pekerjaan kalian.

2. Fokus pada satu kualitas atau karakter positif

Lihatlah satu kualitas atau karakter positif rekan tim Anda yang memiliki kepribadian jauh berbeda dengan Anda. Carilah, pasti Anda akan menemukannya.

Bahkan musuh bebuyutan Anda sekalipun tetap memiliki kualitas positif yang bisa Anda kagumi seperti etos kerja yang baik, kemampuannya menghadapi komplain dari pelanggan, atau kejujurannya dalam bekerja.

Fokus pada kualitas rekan Anda dapat membantu interaksi kalian menjadi lebih positif.

3. Buat diri Anda pintar

Ada ribuan buku diluar sana tentang psikologi sosial dan kepribadian. Bacalah. Buku-buku ini biasanya dikemas dengan contoh-contoh praktis dan pengalaman hidup yang mengungkap alasan dibalik seseorang melakukan sesuatu.

Anda juga dapat menemukan beragam tes kepribadian yang bisa Anda coba gratis di internet seperti tes MBTI, DISC, dan Enneagram. Anda dapat mencoba dan mempelajarinya.

Kepribadian mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia. Jadi mempelajarinya dapat membuat Anda lebih memahami mengapa seseorang bertindak dan berperilaku seperti itu.

4. Jelaskan alasan Anda

Mungkin Anda adalah tipe orang yang lebih suka membahas pekerjaan melalui email daripada telepon langsung karena Anda seorang introvert.

Sampaikan hal ini kepada rekan tim Anda. Ingat, pikiran tidak bisa dibaca jadi jangan biarkan rekan tim Anda bertanya-tanya dan membuat asumsi tak berdasar tentang perilaku Anda.

5. Tidak memihak

Bias dapat menyerang Anda kapanpun dan dimanapun terutama di tempat kerja. Anda mungkin mulai bersikap subjektif pada rekan kerja yang berpenampilan, berpikir, dan berperilaku seperti Anda.

Maka, jika Anda mulai menyadari bahwa feedback Anda ke rekan kerja lebih menekankan pada kepribadian alih-alih kinerja mereka. Mulailah waspada.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 tips agar pekerjaan Anda tetap lancar meski harus bekerja dengan rekan tim yang berbeda kepribadian. Semoga bermanfaat!