<p>republika.co.id</p>
Industri

Kepulauan Solomon Pertimbangkan Hubungan dengan China

  • Kepulauan Solomon merekomendasikan pemerintah pada hari Jumat bahwa kepulauan Pasifik Selatan memutuskan hubungan lama dengan Taiwan dan menormalkan hubungan diplomatik dengan Beijing. Dilansir dari Reuters (12/9) Rekomendasi tersebut kemungkinan akan membantu Beijing untuk menyingkirkan sekutu lain dari Taiwan yang berkuasa sendiri, yang dianggap Beijing sebagai provinsi yang tidak memiliki hak untuk hubungan antar negara. Gugus […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

Kepulauan Solomon merekomendasikan pemerintah pada hari Jumat bahwa kepulauan Pasifik Selatan memutuskan hubungan lama dengan Taiwan dan menormalkan hubungan diplomatik dengan Beijing.

Dilansir dari Reuters (12/9) Rekomendasi tersebut kemungkinan akan membantu Beijing untuk menyingkirkan sekutu lain dari Taiwan yang berkuasa sendiri, yang dianggap Beijing sebagai provinsi yang tidak memiliki hak untuk hubungan antar negara. Gugus tugas parlemen menyarankan pemerintah untuk beralih hubungan ke Cina dan mengundangnya untuk membangun misi diplomatik di ibukota, Honiara, di pulau Guadalcanal, menurut salinan laporannya yang diperoleh Reuters.

“Temuan ini mengungkapkan bahwa Kepulauan Solomon akan mendapat banyak manfaat jika ia beralih dan menormalkan hubungan diplomatik dengan RRC,” kata gugus tugas itu, merujuk pada China dengan nama resmi Republik Rakyat Tiongkok.

Rekomendasi tersebut dibahas pada pertemuan kabinet pada hari Jumat, dua sumber dengan pengetahuan langsung tentang masalah tersebut.  Pasifik Selatan telah menjadi benteng diplomatik bagi Taiwan, di mana hubungan formal dengan enam negara pulau membentuk lebih dari sepertiga dari total aliansi, meskipun Cina dalam beberapa tahun terakhir telah membangun pengaruhnya di wilayah tersebut.

Pendukung Taiwan, yang termasuk banyak mahasiswa, ingin keputusan itu ditunda sampai Sogavare melakukan perjalanan ke pertemuan Majelis Umum AS di New York akhir bulan ini, dengan harapan pembicaraan yang ia lakukan di sana mungkin menyelamatkan aliansi Taiwan.

Masalah ini telah membagi loyalitas di bekas protektorat Inggris, sebuah kepulauan dengan lebih dari 600.000 orang. Amerika Serikat telah mengkritik Cina karena mendorong negara-negara miskin ke dalam utang, terutama melalui pinjaman untuk proyek-proyek infrastruktur berskala besar, dan menuduh Cina menggunakan “predator” ekonomi ”untuk mengacaukan kawasan Indo-Pasifik. Cina membantahnya. Satu provinsi Kepulauan Solomon mengatakan tidak akan bertanggung jawab untuk membayar kembali hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah, menurut laporan media.