Suasana di gate keberangkatan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Keren! Bandara Soekarno - Hatta Masuk Posisi Ke-9 World's Best Airport Staff

  • Bandara Soekarno - Hatta di bawah naungan PT Angkasa Pura II (Persero) masuk ke posisi sembilan dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada katagori World's Best Airport Staff.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Bandara Soekarno - Hatta di bawah naungan PT Angkasa Pura II (Persero) masuk ke posisi sembilan dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada katagori World's Best Airport Staff.

Posisi ini mengalami kenaikan satu peringkat pada 2022. Pasalnya pada Best Airport Staff in Asia 2021 masih berada di posisi kesepuluh. Kemudian pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 hanya ada dua bandara di Asean, yakni Bandara Soekarno - Hatta dan Bandara Changi Singapura.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, daftar Best Airport Staff yang dirilis Skytrax dari lembaga independen di bidang aviasi di Inggris menggambarkan kualitas staf di suatu bandara dinilai sangat baik dari sikap melayani, keramahan melayani, dan efisien dalam melayani.

"Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta telah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di tengah tantangan pandemi COVID-19 pada 2021," kata Awaluddin dalam keterangan resmi, Senin, 20 Juni 2022.

Lebih lanjut, penghargaan Best Airport in Asia ini menilai kualitas seluruh staf frontliner di bandara terdiri dari staf customer service atau info counters, staf tenant komersial, staf keamanan atau aviation security, staf imigrasi, dan staf lainnya yang langsung melayani pelanggan.

Kemudian pada staf operasional dan pelayanan Angkasa Pura II di Bandara Soekarno terdiri dari land transportation assistance, passenger service, digital service, terminal inspection service, facility care, golf car assistance, airport helper, dan aviation security.

Sedangkan staf dari maskapai yang bertugas di boarding lounge, check in counter,  arrival gate/hall, bea dan cukai, lalu juga staf imigrasi, karantina, lalu personel TNI/Polri, dan stakeholder lainnya

"Seluruh stakeholder terkait mampu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik sehingga mampu membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat kesembilan dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022," katanya.