<p>Ilustrasi Bank Mandiri, BCA, dan BNI / Repro</p>
Home

Keren! BCA, BNI, dan Bank Mandiri Masuk Top 10 Most Stongest Brands Dunia

  • Tiga bank terbesar Tanah Air yang berhasil menduduki posisi prestise, yakni PT Bank Central Asia Tbk atau BCA di peringkat dua, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di peringkat lima, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di urutan delapan.

Home
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

NEW YORK – Visual Capitalist belum lama ini merilis Top 10 Most Strongest Brands. Bank-bank ini dianggap berhasil mengeksekusi strategi pemasaran dan penjualan dalam menciptakan produk unggulan yang kompetitif.

Di antara deretan tersebut, ada tiga bank terbesar Tanah Air yang berhasil menduduki posisi prestise, yakni PT Bank Central Asia Tbk atau BCA di peringkat dua, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di peringkat lima, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di urutan delapan.

Menurut CEO Brand Finance David Haigh, BCA merupakan salah satu bank di Asia yang paling dikagumi karena kekuatan mereknya.

“BCA memiliki skor brand stenghth index (BSI) yang mengesankan, yakni 91,6 dari 100 sehingga pantas disematkan peringkat AAA+,” ungkap David dalam situs resmi Visual Capitalist yang dikutip TrenAsia.com, Minggu, 18 Oktober 2020.

Di samping itu, bank swasta terbesar di Indonesia ini juga dinilai mampu mempertahankan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) yang rendah. Diketahui, per semester I-2020, NPL BCA tercatat sekian 2,1%.

Kemudian, BCA juga dinilai mempunyai pengaruh kuat dalam pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Portofolio kredit BCA pada periode ini tumbuh 5,3% menjadi Rp595,1 triliun. Penopang besarnya masih tetap kredit korporasi dengan pertumbuhan 17,7% sebesar Rp257,9 triliun.

Sementara itu, kredit komersial dan UKM turun 0,9% menjadi Rp184,6 triliun, kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 0,3% sebesar Rp91 triliun, dan kredit kendaraan bermotor (KKB) turun 11,9% menjadi Rp42,5 triliun.

Meskipun demikian, pertumbuhan kredit tahun ini lebih rendah ketimbang 11,5% yoy pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, dua bank lain Tanah Air, yakni BNI diberikan skor 88,8 dan Bank Mandiri memperoleh skor 87,9.

David mengungkapkan, nilai merek perbankan di negara berkembang terutama Asia Tenggara telah menunjukkan kinerja yang kuat. Meskipun situasinya menantang, bank tersebut mampu bertahan di tengah krisis.

Berikut Top 10 Most Strongest Brands 2020:
  1. Russia’s Sberbank (93,1)
  2. BCA (91)
  3. ICBC (89,7)
  4. China Construction Bank (89,1)
  5. BNI (88,8)
  6. Capitec Bank (88,7)
  7. Kasikornbank (88,4)
  8. Bank Mandiri (87,9)
  9. Swedbank (87,7)
  10. Turkiye is Bankasi atau Isbank (87,4)
Deretan nama yang masuk dalam Top 10 Most Stongest Brands. / Visual Capitalist