Muak dengan Konten Serupa di Feeds Instagram? Ini Cara Menonaktifkannya
Tekno

Keren! Instagram Akan Izinkan Pengguna Download Reels Langsung Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

  • Instagram akhirnya membiarkan pengguna mengunduh Reels yang diposting oleh orang lain sehingga mereka juga dapat membagikannya di luar aplikasi tersebut.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk berbagi momen atau story bersama keluarga, sahabat, atau teman dekat, Instagram juga sering dimanfaatkan untuk membagikan konten informatif, hiburan, inspiratif, bahkan iklan produk.

Tidak mengherankan jika ada banyak orang yang ingin menyimpan video dari fitur Reels yang disediakan oleh Instagram. Hal ini karena fitur Reels biasanya menyajikan konten video singkat, seperti video di TikTok. Dengan menyimpannya, kita bisa mengakses video tersebut kapan saja tanpa harus mencari terlalu lama di akun kreator yang asli.

Update terbaru dari Instagram akan membuat Anda bahagia! Dilansir dari laman Techcrunch pada Kamis, 22 Juni 2023, Instagram akhirnya meluncurkan fitur download video Reels, ehingga pengguna juga dapat membagikannya di luar aplikasi tersebut.

Sebelum Instagram memberlakukan kebijakan ini untuk fitur Reels-nya, sebetulnya aplikasi berbasis video pendek saingannya yaitu TikTok telah memiliki fitur ini selama bertahun-tahun dan mendapatkan popularitas dari orang-orang yang menonton video pendek dengan watermark aplikasi ini di luar platform tersebut.

Head Company Instagram Adam Mosseri mengatakan di channel broadcast Instagramnya bahwa pengguna yang berbasis di Amerika Serikat akan dapat mengunduh Reels yang nanti akan langsung masuk ke galeri ponsel atau camera roll mereka. Pengguna Instagram dapat mengunduh video Reels tersebut dengan mengetuk ikon bagikan atau share, lalu pilih opsi Unduh atau Download.

Pengguna Instagram dapat mengunduh atau download video Reels secara langsung 

Mosseri mencatat bahwa Gulungan hanya dari akun publik yang memenuhi syarat untuk diunduh. Plus, akun publik dapat mematikan kemampuan untuk mengunduh Reels.

Meskipun Adam Mosseri tidak menentukan apakah akan tetap ada watermark pada Reels yang diunduh oleh pengguna, gambar yang diposting olehnya tersebut menunjukkan bahwa video yang diunduh akan menampilkan logo Instagram bersama dengan nama akun. TikTok sendiri sebetulnya sudah menggunakan format serupa untuk melampirkan tanda air atau watermark pada video yang diunduh. Namun, biasanya Instagram selalu mengizinkan pengguna mengunduh Reels mereka sendiri tanpa watermark dari draft.

Pada 2021, Instagram berhenti mempromosikan  konten dengan tanda air TikTok (atau tanda air apa pun) di video. Agustus lalu, YouTube juga mulai menyertakan watermark berbasis logo pada video Shorts yang didownload. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagi konten lintas platform. Jadi langkah Instagram untuk memungkinkan pengguna mengunduh Reels ini bisa menjadi taktik untuk menarik orang menonton lebih banyak konten di platform tersebut.

Selain itu, tampaknya fitur Reels telah menjadi titik fokus untuk mendorong pertumbuhan dan pendapatan Meta dalam beberapa kuartal terakhir. Reels tampaknya juga akan menjadi fitur yang membawa keuntungan bagi perusahaan induk Facebook, Meta.

Seperti yang dikutip dari laman Gadget Snow pada Kamis 22 Juni 2023, awal tahun ini CEO perusahaan yaitu Mark Zuckerberg memuji engagement atau keterlibatan yang lebih tinggi di Reels sebagai salah satu faktor yang memengaruhi sebagian dari pertumbuhan pendapatan mereka pada kuartal pertama tahun 2023.