<p>Pekerja menata produk handycraft &#8220;Gartinis Corner&#8221; di gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020. Pengusaha UMKM yang bisnisnya tertekan pelemahan ekonomi akibat pandemi corona, PT Pertamina akan memberikan bantuan agar pengusaha UMKM bisa bangkit dan kembali memulai bisnisnya. Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menjelaskan, pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan Pertamina akan mendapatkan fasilitas pembiayaan yang mudah dan murah. Penyaluran Dana Pinjaman Program Kemitraan diberikan dengan nilai hingga Rp 200 juta dan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Keren! Kesepakatan Bisnis UMKM Meroket 54 Persen Tembus Rp113,2 Miliar

  • JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat peningkatan kesepakatan bisnis penjualan ekspor, pembiayaan, dan penjualan melalui e-commerce sebesar 54% atau senilai Rp113,2 miliar. Direktur Eksekutif BI Onny Widjanarko menyebut, komitmen tersebut telah disepakati oleh 328 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan para mitra bisnis dalam Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diselenggarakan pada 2019 dan […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat peningkatan kesepakatan bisnis penjualan ekspor, pembiayaan, dan penjualan melalui e-commerce sebesar 54% atau senilai Rp113,2 miliar.

Direktur Eksekutif BI Onny Widjanarko menyebut, komitmen tersebut telah disepakati oleh 328 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan para mitra bisnis dalam Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diselenggarakan pada 2019 dan 2020.

“Adapun dalam acara virtual KKI Seri I 2020, dilakukan one-on-one meeting yang berhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial,” ujarnya dalam siaran resmi, Kamis, 3 September 2020.

Sejumlah pembeli potensial tersebut, kata Onny, berasal dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, China, Australia, serta agregator dari Indonesia. Pada KKI tahun ini, lanjutnya, penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit juga dilakukan oleh pelaku UMKM dengan lembaga keuangan.

Omzet Miliaran Rupiah

Selain itu, omset penjualan produk UMKM dalam agenda tersebut mencapai Rp4,86 miliar, terdiri dari produk kain, kerajinan, makanan, dan minuman.

“Berbagai pencapaian KKI Seri I ini diharapkan mampu mendorong transformasi digital UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional,” tambahnya.

Acara virtual yang diselenggarakan pada 28-29 Agustus 2020 ini mencatat jumlah pengunjung sebanyak 28.545 orang.

Diketahui, KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI dengan kolaborasi bersama kementerian/lembaga. Ke depan, BI akan kembali menggelar KKI Seri II bertema Sinergi untuk UMKM Digital pada bulan Oktober, serta Seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial pada November 2020.

Apabila masyarakat ingin melihat produk UMKM binaan BI, katalog dapat dilihat melalui situs KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

“BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar bisa menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional,” tutur Onny. (SKO)