<p>Pesawat buatan Indonesia CN235-220 MPA kembali digunakan ketiga kalinya oleh Angkatan Udara Republik Senegal. / Indonesia.go.id</p>
Nasional

Keren! Pesawat Buatan RI CN235-220 MPA Dipakai AU Republik Senegal

  • Pesawat buatan Indonesia CN235-220 MPA kembali digunakan ketiga kalinya oleh Angkatan Udara Republik Senegal.

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Pesawat buatan Indonesia CN235-220 MPA kembali digunakan ketiga kalinya oleh Angkatan Udara Republik Senegal.

Diketahui, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto lewat Hanggar Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI, pekan ini telah menyerahkan pesawat tersebut kepada kepada Chief of Air Force of Senegal BG Papa Souleymane SARR.

Prabowo mengungkapkan, PTDI merupakan teknologi kedirgantaraan di aerospace industry yang didorong untuk menjadi andalan masa depan.

“PTDI adalah harapan bangsa Indonesia,” mengutip keterangan tertulis, Minggu, 21 Maret 2021.

Di tengah tantangan selama 20 tahun terakhir, katanya, PTDI berhasil bertahan dan menjual produk pesawat serta helikopternya ke negara lain. Ia pun mengungkapkan komitmen bersama Kementerian Pertahanan untuk mengembangkan PTDI di kancah global.

Sebagai informasi, Republik Senegal sendiri telah menggunakan pesawat yang diproduksi oleh PTDI selama 10 tahun. Dikatakan bahwa pesawat CN235-220 MPA merupakan salah satu yang spesial karena digunakan sebagai patrol airplane.

Kerja sama antara kedua negara ini pun diklaim telah terjalin baik selama ini. Salah satu faktor pendukungnya adalah kesamaan kultur antara Indonesia dengan Republik Senegal. Ke depan, kedua negara ini akan terus mencari peluang terbaik untuk kolaborasi lainnya. (SKO)