<p>Apartemen yang dibangun oleh Crown Group di Australia, perusahaan properti milik konglomerat kelahiran Surabaya Iwan Sunito / Crowngroup.com.au</p>
Industri

Keren! Proyek Crown Group Masuk Nominasi Best Tall Building Dunia 2021

  • Dua proyek residensial yang dibangun oleh Crown Group, Infinity by Crown Group dan Arc by Crown Group, berhasil masuk nominasi kategori Tall Buildings di bawah 100 meter dalam The Best Tall Buildings in the World Award for 2021.

Industri
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Dua proyek residensial yang dibangun oleh Crown Group, Infinity by Crown Group dan Arc by Crown Group, berhasil masuk nominasi kategori Tall Buildings di bawah 100 meter dalam The Best Tall Buildings in the World Award for 2021.

“Sebuah kehormatan untuk dapat diakui oleh Council of Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) dan merupakan bukti dari hasil kolaborasi yang menginspirasi untuk mewujudkan proyek Crown Group menjadi nyata,” ujar Komisaris dan CEO Crown Group Iwan Sunito dalam siaran pers, Senin, 17 Mei 2021.

Iwan juga mengatakan Crown Group bekerja sama dengan tim arsitektur dan desain yang memahami pentingnya proyek yang berhubungan dengan lingkungan tempat mereka dibangun. Dengan begitu, komunitas hunian mereka dapat menonjol.

Program penghargaan oleh CTBUH ini menjadi salah satu yang paling bergengsi di bidang desain dan arsitektur. Berkedudukan di Chicago, Illinois, CTBUH adalah badan internasional di bidang gedung-gedung tinggi dan desain perkotaan yang berkelanjutan.

CTBUH juga dianggap sebagai lembaga terkemuka dunia bagi para profesional yang berfokus pada desain dan konstruksi gedung-gedung tinggi dan kota-kota di masa depan.

Kedua gedung oleh Crown Group yang masuk nominasi ini dirancang oleh arsitek yang sama, yaitu Koichi Takada Architects. Desain mereka identik dengan mengubah cakrawala dan pemandangan kota dengan cara yang paling kreatif dan avant-garde.

Sebelumnya, Infinity by Crown Group yang terletak di Green Square Town Centre Sydney juga sudah menyabet penghargaan UDIA Best Concept Design. Gedung ini memiliki tata bentuk melingkar yang mutakhir dan tidak lazim.

Arc by Crown Group merupakan proyek residensial kedua Crown Group dengan desain lantai bawah yang terinspirasi dari bangunan tempo lalu yang bertransformasi menjadi menara kaca dan baja modern.

Menara Arc juga dirancang memiliki atrium seperti katedral delapan lantai yang menjulang setinggi 20 m di atas jalan raya, diapit oleh kafe, restoran, dan toko ritel.

Penghargaan CTBUH memberikan apresiasi atas proyek-proyek yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi kemajuan gedung-gedung tinggi di seluruh lanskap perkotaan. Penghargaan ini mencakup lebih dari 20 kategori untuk Bangunan Tinggi Terbaik, Habitat Perkotaan, Inovasi, Renovasi, Desain Interior, Konstruksi, dan Teknik.

Crown Group merupakan perusahaan properti Australia yang fokus terhadap pembangunan dan investasi properti serta apartemen servis. Perusahaan ini didirikan oleh dua orang Indonesia, yaitu arsitek Iwan Sunito dan insinyur Paul Sathio pada 1996.

Kini, Crown Group memiliki portofolio lima proyek besar dalam proses pembangunan dan perencanaan. Mereka sedang membangun dua proyek di Sydney, yaitu Mastery di Waterloo dan The Grand di daerah timur. (SKO)