<p>Karyawan PT.KAI menyiapkan fasilitas face shield yang akan dibagikan kepada penumpang rangkaian kereta api jarak jauh KA Serayu relasi Pasar Senen- Purwokerto saat diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jum&#8217;at 12 Juni 2020. PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan kereta api (KA) jarak jauh dan KA lokal reguler secara bertahap mulai hari ini. Pengoperasian [&hellip;]</p>
Nasional

Kereta Api Indonesia Raih Penghargaan sebagai Perusahaan Terpercaya 2021

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berhasil meraih penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company atau perusahaan Indonesia terpercaya.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berhasil meraih penghargaan sebagai Indonesia Trusted Company atau perusahaan Indonesia terpercaya. Penilaian itu berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari Majalah SWA dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menerima langsung penghargaan tersebut dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2021 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu, 8 Desember 2021.

"Terima kasih kepada Majalah SWA dan IICG atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada KAI. Nilai GCG KAI terus meningkat, hal ini mencerminkan konsistensi upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan, termasuk dalam implementasi strategi resiliensi pandemi," katanya usai menerima penghargaan dari Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani dan Ketua IICG Gendut Suprayitno.;

Dia mengatakan penghargaan yang diperoleh di akhir tahun ini merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi kepada KAI yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2020.

Adapun ruang lingkup penilaian yaitu pencapaian kinerja keuangan dan non keuangan perusahaan, kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan dan pengendalian manajemen, serta keselarasan terhadap etika, norma, dan tata nilai.

Didiek mengurai nilai-nilai utama AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang dicanangkan Kementerian BUMN serta GCG menjadi fondasi yang mendasari seluruh strategi KAI dalam mencapai misi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

"Dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan, KAI selalu berdasar pada prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran," paparnya.

Empat Strategi KAI

Didiek mengungkapkan bahwa sesuai dengan tema penghargaan ini, KAI memiliki 4 strategi resiliensi dan pemulihan dalam masa pandemi COVID-19.

Empat strategi tersebut yaitu melindungi pegawai KAI dan pelanggan dari COVID-19; menjaga likuiditas dan solvabilitas; menerapkan program efisiensi, reprioritisasi anggaran, dan pengurangan biaya; serta mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan.

"Kami mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 dengan melakukan Triple Transformation sekaligus yaitu Transformasi Digital, Transformasi Organisasi, dan Tranformasi Budaya untuk dapat lebih agile dan adaptif dalam menghadapi perubahan dengan menanamkan core values AKHLAK," terangnya.

Adapun, pemeringkatan Indonesia Good Corporate Governance Award 2021 ini merupakan penghargaan pertama sejak terakhir mengikuti kompetisi CGPI pada Tahun 2015 dengan meraih kategori Trusted Company.

Didiek mengatakan KAI akan terus konsisten dan meningkatkan kualitas implementasi GCG lebih baik lagi dengan menerapkan sistem berbasis transformasi digital pada tahun 2022 serta meningkatkan manajemen pengetahuan sebagai support system perusahaan.

"Diharapkan akan meningkatkan kepatuhan dan dengan transformasi digital akan memudahkan monitoring penerapan GCG di perusahaan," katanya.