Armada Kereta Feeder KCJB ketika belum dikirim ke Daerah Operasi 2 Bandung
Nasional

Kereta Cepat Terkoneksi Feeder, Jakarta-Bandung Cuma 50 Menit

  • PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyediakan layanan kereta api (KA) Feeder atau pengumpan untuk membantu konektivitas penumpang kereta cepat.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyediakan layanan kereta api (KA) Feeder atau pengumpan untuk membantu konektivitas penumpang kereta cepat. 

Nantinya KA Feeder akan melayani perjalanan dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya. Adanya kereta tersebut mempermudah penumpang dalam berpindah moda transportasi.

“KA Cepat akan terintegrasi dengan KA feeder di Stasiun Padalarang untuk mempermudah penumpang KA Cepat menuju Stasiun Cimahi atau Stasiun Bandung,” ujar General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Selasa 5 September 2023. 

Keberadaan KA Feeder dapat dijadikan pilihan bagi penumpang KA Cepat yang hendak menuju pusat Kota Bandung maupun Kota Cimahi sebab kereta ini juga berhenti di Stasiun Cimahi. Mereka dapat turun di Stasiun Padalarang lalu melanjutkan perjalanan kembali menggunakan kereta pengumpan tersebut.

Waktu tempuh yang dibutuhkan oleh KA Feeder untuk rute Padalarang-Bandung termasuk berhenti di Cimahi yaitu sekitar 20 menit. Jadi nantinya total waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung hanya sekitar 50 menit. 

Rinciannya yaitu 30 menit untuk perjalanan menggunakan KA Cepat dari Halim ke Padalarang dan sisanya merupakan perjalanan menggunakan KA Feeder ke pusat kota. “Integrasi kedua transportasi berbasis rel ini akan mengkoneksikan Stasiun Halim dan Stasiun Padalarang hanya dalam 50 menit saja,” ujar Eva. 

Selain KA Feeder terdapat beberapa moda transportasi lain sebagai pendukung integrasi meliputi Commuterline Bandung Raya, Trans Metro Pasundan rute Alun-Alun-KBP, Damri rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta rute usulan St Padalarang–Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan rute Padalarang-Rajamandala, Padalarang-Cimahi–Leuwipanjang, dan Padalarang-Cimahi.

KA Feeder Padalarang-Bandung tersebut sempat diujicoba oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan menjajal langsung dari Stasiun Halim menuju Stasiun Bandung dengan transit di Padalarang. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari penyempurnaan layanan KA Cepat jelang dioperasikan nantinya.

Berbeda dengan di Bandung, KA Cepat di Jakarta terintegrasi dengan moda transportasi Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek. Menhub Budi Karya Sumadi menyebut, LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023. 

“Kita rencanakan 1 Oktober LRT Jabodebek terkoneksi KCJB tapi tentu tidak tergesa-gesa. Tapi insyaallah 1 Oktober LRT terkoneksi kereta cepat,” katanya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin 28 Agustus 2023.