Kereta Cepat Whoosh saat berhenti di Stasiun Halim, Sabtu 28 Oktober 2023 (Foto: Khafidz Abdulah/ Trenasia)
Nasional

Kereta Cepat Whoosh Catatkan 1 Juta Penumpang Setelah 2 Bulan Beroperasi Komersial

  • Jumlah total penumpang tersebut dihitung sejak pengoperasian regulernya pada 17 Oktober 2023 hingga 25 Desember 2023 dimana jumlah tepatnya yaitu 1.028.216 penumpang.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) mencatat perjalanan Kereta Cepat Whoosh relasi Jakarta-Bandung PP telah mengangkut hingga 1 juta penumpang. Jumlah total penumpang tersebut dihitung sejak pengoperasian regulernya pada 17 Oktober 2023 hingga 25 Desember 2023 dimana jumlah tepatnya yaitu 1.028.216 penumpang.

Pihaknya juga menyebut jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan Kereta Cepat Whoosh telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.

“Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia,” kata Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 26 Desember 2023. Menurutnya, pencapaian tersebut menunjukkan bukti masyarakat butuh transportasi umum yang modern, nyaman, dan efisien dalam waktu tempuh.

Dwiyana menuturkan masyarakat merespon sangat baik terhadap kehadiran Kereta Cepat Whoosh. Hal itu terlihat dari okupansi kereta yang tingkat keterisiannya tempat duduk setiap rangkaiannya selalu 90 persen.  Oleh karenanya, Dirut KCIC mengatakan pihaknya kan terus memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung.

Berdasarkan hasil survei, Dwiyana mengatakan dari total seluruh penumpang terdapat 48 persen diantaranya merupakan pengguna mobil yang beralih menggunakan Kereta Cepat Whoosh. “Dengan tersedianya fasilitas yang baik dan layanan yang efisien, masyarakat semakin memilih transportasi umum seperti Whoosh, sehingga berkontribusi terhadap berkurangnya ketergantungan pada mobil pribadi,” kata Dwiyana.

Dengan begitu, kehadiran Kereta Cepat Whoosh berhasil membantu program pemerintah dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan. Dwiyana juga menuturkan bahwa sedari awal beroperasi hingga menjelang pergantian tahun, operasional Kereta Cepat Whoosh berjalan lancar dan bahkan nol kecelakaan.

Pihaknya menyatakan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak lupa, KCIC juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Tambah Jadwal

Menghadapi libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT KCIC menambah jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi 48 setiap harinya. Penambahan jadwal itu sebagai bagian mengakomodir penumpang yang diperkirakan akan melonjak pada hari libur tersebut.

Selain mencatatkan 1 juta penumpang selama dua bulan beroperasi, Kereta Cepat Whoosh juga mencatatkan tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,9 persen dengan rata-rata kelambatan pemberangkatan dari Stasiun awal hanya 0,1 detik saja. Kemudian untuk kedatangan, kereta cepat itu juga berhasil mencatatkan ketepatan waktu kedatangan hingga 95 persen.