<p>Gerai MINISO Indonesia/ Facebook @MinisoIndonesia</p>
Industri

Kerja Sama dengan Jet Commerce, Pesanan di Miniso Naik 1,3 Kali Lipat

  • JAKARTA – Retail fesyen Miniso mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Kenaikan tersebut terjadi sejak Miniso Indonesia memulai kerja sama dengan Jet Commerce pada awal April lalu. Merek retail asal Jepang ini mencatat, beberapa produk penunjang aktivitas di rumah menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi. […]

Industri
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA – Retail fesyen Miniso mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Kenaikan tersebut terjadi sejak Miniso Indonesia memulai kerja sama dengan Jet Commerce pada awal April lalu.

Merek retail asal Jepang ini mencatat, beberapa produk penunjang aktivitas di rumah menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi.

Sementara itu, kategori fesyen dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30% dari total penjualan. Kategori produk home living menyusul sesudahnya, seperti produk olahraga rumah dan storage box yang terjual sebanyak 25%. Kategori produk elektronik seperti headphones terjual sebanyak 10% dari total keseluruhan penjualan.

E-commerce Marketing Manager Miniso, Yingying Wu, mengatakan, kerja sama tersebut merupakan upaya dalam beradaptasi untuk melewati perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan.

“Bersama Jet Commerce, kami ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah, serta pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu,” kata dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

Dalam kerja sama tersebut, Miniso memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce. Layanan tersebut digunakan untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi. Proses pesanan antara lain, mulai dari pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.

Selain itu, Miniso menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk–produknya.

Miniso Hadapi Tren Belanja Daring

Miniso memaparkan, tren belanja daring terjadi selama masa pandemi. Berdasarkan data yang diungkapkan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan penjualan daring sebesar 320% pada Maret dan 480% pada April dibandingkan dengan Januari.

Sejak 2016, Miniso memiliki lebih dari 171 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Miniso memperluas jangkauannya dengan membuka gerai daring di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.id, hingga HappyFresh.

“Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk–produk Miniso, upaya kami dalam menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai juga harus ditingkatkan, termasuk pada gerai daring yang kami miliki,” kata Wu.

Jet Commerce membantu Miniso dalam melakukan pengelolaan inventaris terhadap lebih dari 1.800 SKU di berbagai platform e-commerce, yang terdiri dari lima kategori produk, yakni fesyen: tas, dompet, sandal, kaus kaki, topi; home living: storage box, peralatan olahraga, peralatan dapur; beauty: kosmetik, parfum, alat make up, perawatan kulit; elektronik: earphones, headphones, aksesori komputer, kipas angin mini; hingga bantal dan mainan anak. (SKO)