Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka (Foto: BJIB.co.id)
Infrastruktur

Kertajati Bergeliat, Rute Perjalanan Mulai Bertambah

  • Maskapai asal Negeri Jiran Malaysia Airlines dijadwalkan akan membuka rute penerbangan dari Kertajati ke Kuala Lumpur pada 2 Oktober 2023 mendatang.
Infrastruktur
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai begeliat dengan bertambahnya rute perjalanan baik penerbangan domestik maupun internasional. 

Mulai Oktober 2023, BIJB akan beroperasi secara penuh dan menerima pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung. “Kalau untuk penerbangan yang internasional saat ini sudah ada, sedangkan penerbangan domestik sudah penjadwalan pada Oktober mendatang,” ujar Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan dikutip dari Antara, Senin 4 September 2023.

Dalam rute domestik, Maskapai Air Asia direncanakan akan membuka penerbangan dengan rute Kertajati-Denpasar mulai tanggal 29 Oktober. Air Asia diketahui juga telah membuka rute internasional dari Kertajati dengan tujuan Kuala Lumpur. Rute tersebut berjalan rutin sebanyak dua kali seminggu setiap hari Rabu dan Minggu.

Adapun tambahan pada rute internasional, Maskapai asal Negeri Jiran Malaysia Airlines dijadwalkan akan membuka rute penerbangan dari Kertajati ke Kuala Lumpur pada 2 Oktober 2023 mendatang. Maskapai tersebut mengisi jadwal penerbangan setiap hari Senin dan Jumat.

Di luar itu, setiap pekannya Kertajati melayani penerbangan jamaah umroh yang terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Jadwal penerbangan umroh ini berangkat setiap hari Minggu dalam setiap pekan. “Garuda Indonesia ada penerbangan untuk umroh seminggu sekali setiap hari Minggu,” ujar Nuril.

Menyongsong pengoperasian penuh untuk komersial di BIJB Kertajati, pihak bandara terus berbenah agar lebih siap. Kesiapan tersebut tampak saat bandara itu melayani jamaah umroh dan haji yang tanpa kendala berarti.

Bandara Kertajati sempat vakum sejak tahun 2020 karena pandemi COVID-19. Sebelum vakum, bandara ini sempat beroperasi melayani penerbangan ke berbagai kota. Bandara ini juga kerap dikatakan kurang optimal dalam pemakaian fungsinya mengingat okupansi penumpang dan jadwal penerbangan tidak seperti yang diharapkan. 

Hingga kemudian bandara ini digunakan sebagai tempat penerbangan bagi jamaah umroh dan haji warga Jawa Barat. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh melalui Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km yang diremsikan oleh Presiden Joko Widodo pada 11 Juli 2023 lalu. 

Jalan tol ini mendukung kemudahan akses menuju BIJB karena dapat mempersingkat waktu tempuh dibanding menggunakan jalan arteri biasa. Keberadaan jalan tol yang dibangun selama 12 tahun (2011-2023) ini diharapkan mendukung operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati karena pembangunannya merupakan satu paket dengan keberadaan BIJB.