Ilustrasi badai milton.
Dunia

Kerusakan Besar di Florida Akibat Badai Milton, Berikut Kategori Kekuatan Badai

  • Badai Milton melanda wilayah Florida, Amerika Serikat, Selasa pagi, 8 Oktober 2024. Badai yang tergolong Kategori 5 dan sangat kuat ini terjadi kurang dari dua minggu setelah Badai Helene menghantam Florida serta beberapa bagian Georgia, Carolina, dan Tennessee.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Badai Milton melanda wilayah Florida, Amerika Serikat, Selasa pagi, 8 Oktober 2024. Badai yang tergolong Kategori 5 dan sangat kuat ini terjadi kurang dari dua minggu setelah Badai Helene menghantam Florida serta beberapa bagian Georgia, Carolina, dan Tennessee.

Dilansir dari USA Today, Pusat Badai Nasional mengatakan gelombang badai Milton menghadirkan situasi yang sangat mengancam jiwa bagi pantai barat Florida, seraya menambahkan bahwa angin kencang dan hujan deras akan meluas hingga ke pedalaman dan di luar kerucut prakiraan. Peta peringatan badai menunjukkan Florida diselimuti peringatan merah dan oranye.

Milton mengalami peningkatan yang sangat cepat pada Senin, 7 Oktober 2024, dengan kecepatan angin yang mencapai 180 mph. Pada Selasa pagi, kecepatan angin menurun drastis sebelum naik menjadi 160 mph pada Selasa malam.

“Milton berpotensi menjadi salah satu badai paling merusak yang pernah tercatat di Florida bagian barat-tengah,” John Cangialosi, seorang spesialis di Pusat Badai Nasional, memperingatkan dalam sebuah pembaruan pada Selasa.

Menurut prakiraan resmi pusat badai, pusat badai Milton diperkirakan akan mencapai daratan di suatu tempat di sepanjang pantai antara Tarpon Springs dan Cape Coral.

Dilansir dari AP News, lebih dari 1,5 juta rumah dan bisnis mengalami pemadaman listrik pada Rabu malam di Florida, menurut poweroutage.us, yang melacak laporan utilitas. Jumlah pemadaman listrik tertinggi terjadi di Hardee County, serta daerah tetangga Sarasota dan Manatee.

Sebelum Milton menerjang daratan, tornado mulai melanda negara bagian itu. Spanish Lakes Country Club di dekat Fort Pierce, di Pantai Atlantik Florida, terkena dampak paling parah, rumah-rumah hancur dan beberapa penduduk tewas.

“Kami telah kehilangan sejumlah nyawa,” kata Sheriff St. Lucie County Keith Pearson kepada WPBF News, meskipun ia tidak mengatakan berapa banyak orang yang tewas.

Mengenai hal tersebut, apa saja kategori kekuatan badai dan bagaimana dampaknya?

Kategori Kekuatan Badai Topan

Berikut adalah 5 kategori kekuatan badai topan, antara lain:

Kategori 1

Kategori 1 merupakan badai topan dengan kekuatan paling rendah, di mana angin membentuk badai tersebut bergerak dengan kecepatan antara 119 hingga 153 kilometer per jam. Badai dalam kategori ini umumnya hanya menimbulkan kerusakan yang relatif ringan.

Kategori 2

Kategori 2 adalah badai topan dengan kecepatan angin berkisar antara 154 hingga 177 kilometer per jam. Biasanya, badai topan dalam kategori ini umumnya dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat sedang.

Kategori 3

Kategori 3 adalah badai topan dengan kecepatan angin antara 178 hingga 208 kilometer per jam. Umumnya, badai topan dalam kategori ini dapat menyebabkan kerusakan yang besar dan meluas.

Kategori 4

Kategori 4 adalah badai topan dengan kecepatan angin berkisar antara 209 hingga 251 kilometer per jam. Badai topan dalam kategori ini dapat menyebabkan kerusakan yang besar, meluas, dan ekstrem.

Kategori 5

Kategori 5 merupakan badai topan dengan kekuatan paling besar, dengan kecepatan angin melebihi 252 kilometer per jam. Badai topan dalam kategori ini dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah, sehingga daerah yang terdampak tidak dapat dihuni untuk jangka waktu tertentu.