<p>Inilah kesalahan yang harus dihindari ketika membuat dapur baru/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Membuat Dapur Baru

  • Inilah kesalahan yang harus dihindari ketika membuat dapur baru

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Dapur baru merupakan investasi besar dan berharga jika Anda sedang membangun rumah. Dari segi tampilan dan fungsionalitas, dapur akan selalu menambah nilai properti Anda.

Namun, seringkali ada berbagai hal yang terlewat ketika membuat desain dapur. Seperti tempat sampah atau seberapa mudah Anda mengakses lemari es ketika memasak.

Fungsi utama dapur adalah untuk memasak dan menyiapkan makanan, sehingga dapur harus sangat fungsional. Oleh karena itu, penting untuk selalu memulai proses desain dapur dengan melihat bagaimana Anda menggunakan ruang saat menyiapkan dan memasak makanan.

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika membuat dapur baru, seperti yang telah dikutip dari Ideal Home.

1. Jangan Meremehkan Berapa Banyak Tempat Penyimpanan yang Dibutuhkan

Rencanakan dengan tepat dan alokasikan ruang untuk setiap barang, mulai dari toples isi bumbu hingga laci pemisah peralatan makan. Meskipun godaan untuk terus menambah daftar barang di dapur bisa menjadi besar, indeks awal yang jelas akan membuat Anda tetap pada jalurnya. Dengan tetap berpegang pada rencana yang jelas, Anda juga menghindari godaan untuk memenuhi dapur baru Anda.

2. Jangan Abaikan Ventilasi

Ventilasi yang baik adalah kunci untuk dapur mana pun, terutama dalam memasak hidangan lezat setiap hari. Memasak, terutama di atas kompor, dapat meninggalkan bau tak sedap yang jika tidak berventilasi dapat menyebar ke seluruh rumah. Meskipun aroma masakan rumahan terasa nikmat saat ini, Anda tidak ingin bagian rumah yang lain juga dapat mencium aroma tersebut dan merusak suasana.

3. Hindari Sampah Menumpuk

Kedengarannya sangat jelas, tetapi ketika menyangkut sampah, karena itu adalah bagian yang paling tidak menarik, tempat sampah sering diabaikan. Mengingat limbah dapur benar-benar tidak dapat dihindari, maka hal tersebut harus diperhitungkan sebagai prioritas.

Solusi terbaik adalah tempat sampah terintegrasi, atau setidaknya lemari yang bisa menyembunyikan tempat sampah yang berdiri sendiri. Menyembunyikan tidak hanya keberadaan limbah, tetapi juga membantu menahan bau. 

4. Pencahayaan

Seperti kebanyakan ruangan, penting untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat untuk penggunaan fungsional serta tampilan estetika. Menyiapkan makanan akan membutuhkan pencahayaan yang lebih langsung dan lebih terang daripada ruang makan di dalam dapur. Lampu sorot tersembunyi di bawah lemari dinding dan di langit-langit masih merupakan pilihan paling populer dan praktis untuk digunakan di seluruh ruangan.

5. Hindari Melebihi Anggaran

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi melebihi anggaran adalah salah satu kesalahan paling umum yang terlihat di banyak renovasi rumah. Cara termudah termudah untuk menghindari pengeluaran berlebihan adalah dengan membuat daftar inventaris, memastikannya memperhitungkan furnitur dan isinya.