Kantor pusat Twitter di San Franciso.
Tekno

Ketahui Apa Itu Shadowban di Twitter dan Cara Memeriksanya

  • Inilah penjelasan mengenai aksi shadowban di Twitter dan cara memeriksanya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Twitter diketahui meluncurkan pembaruan yang akan memberi tahu pengguna jika pengguna mendapatkan shadowban. Sebetulnya shadowban bukan konsep baru, dan adanya shadowban ini maka platform media sosial tersebut secara longgar telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan telah membungkam beberapa akun alih-alih langsung melarangnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda atau pengguna Twitter untuk memahami apa itu shadowban dan cara memeriksanya. Berikut penjelasannya.

Penjelasan Mengenai Apa Itu Shadowban

Penjelasan Mengenai Apa Itu Shadowban

Secara sederhana, shadowban berarti mengacu pada pemblokiran sebagian dari profil pengguna untuk mengurangi visibilitas tanpa sepengetahuan mereka. Hal ini dapat menyebabkan lebih sedikit keterlibatan dengan akun dan menurunkan visibilitas dari tweet yang dipost. Dengan kata lain, pengikut atau followers Anda tidak dapat melihat postingan Anda di platform media sosial.

Cara Memeriksa Shadowban di Twitter

Cara Memeriksa Shadowban di Twitter

Shadowban dapat membatasi jangkauan tweet Anda. Hal ini akan membuat tweet Anda tidak bisa dilihat oleh follower Anda.

Jika Anda melihat penurunan tajam pada engagement akun Twitter Anda, kemungkinan besar akun Anda telah terkena shadowban. Namun, Anda bisa memeriksanya dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Cari akun Anda dari incognito window

Cobalah untuk beralih ke tab penyamaran dan cari username Anda di bilah pencarian Twitter. Jika profil Anda tidak muncul di hasil, berarti Twitter secara aktif melaran akun Anda. Terkadang, profil Anda mungkin muncul tetapi tweet mungkin tidak akan terlihat. Hal ini juga merupakan tanda dari shadowban.

2. Gunakan situs web uji shadowban

Ada beberapa situs web pihak ketiga yang dapat menguji apakah akun Twitter Anda terkena shadowban atau tidak. Anda tinggal membuka https://hisubway.online/shadowban/ dan masukkan nama pengguna Anda di kolom pencarian.  

Itu tadi penjelasan mengenai aksi shadowban di Twitter dan cara memeriksanya.