Ketahui Daftar Obat dan Vaksin COVID-19 yang Sudah Miliki EUA dari BPOM
Gaya Hidup

Ketahui Daftar Obat dan Vaksin COVID-19 yang Sudah Miliki EUA dari BPOM

  • Berikut daftar obat COVID-19 dan vaksin COVID-19 yang sudah memiliki izin penggunaan darurat atau EUA dari BPOM yang perlu Anda ketahui.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sebelum obat dan vaksin COVID-19 diedarkan kepada masyarakat umum, maka obat dan vaksin harus memiliki EUA (Emergency Use Authorization) atau izin penggunaan darurat dari BPOM.

Berikut daftar obat dan vaksin COVID-19 yang sudah memiliki izin penggunaan darurat dari BPOM, seperti yang dilansir dari akun Instagram resmi BPOM.

1. Serbuk Injeksi Liofilisasi Remdesivir

Indikasi dari obat ini adalah untuk pengobatan COVID-19 terkonfirmasi pada pasien dewasa dan remaja yang berusia 12 tahun ke atas (berat badan minimal 60 kg) dengan derajat berat yang dirawat di rumah sakit.

Merek obat ini antara lain DESREM, JUBI-R, COVIFOR, CIPREMI, REMIDIA, REMDAC.

2. Larutan Konsentrat untuk Infus Remdesivir

Obat ini memiliki indikasi yaitu untuk pengobatan COVID-19 terkonfirmasi pada pasien dewasa dan remaja usia 12 tahun ke atas (berat badan minimal 40 kg) dengan derajat berat yang dirawat di rumah sakit. Merek dari obat ini yaitu REMEVA.

3. Tablet Salut Selaput Favipiravir

Indikasi dari obat ini yaitu untuk pengobatan COVID-19 pada pasien orang dewasa atau berusia 18 tahun ke atas dengan derajat ringan hingga sedang. Merek dari obat ini yaitu  COVIGON, AVIRAPIR, FAVIKAL, FAVIPIRAVIR, dan AVIGAN.

4. Larutan Konsentrat untuk Infus Regdanvimab

Obat ini digunakan untuk pengobatan COVID-19 terkonfirmasi pada pasien dewasa yang tidak memerlukan terapi oksigen dan yang berisiko tinggi mengalami COVID-19 yang berat. Merek dari obat ini yaitu REGKIRONA.

5. Vaksin COVID-19 

Berikut daftar vaksin COVID-19 yang sudah terdapat EUA yang didaftarkan oleh Bio Farma Indonesia yaitu:

  • Coronavac
  • Vaksin COVID-19
  • COVID-19 Vaccine Astrazeneca
  • COV2BIO
  • COVID-19 Vaccine Moderna
  • COVID-19 Vaccine COMIRNATY
  • Vaksin Convidecia

COVID-19 Vaccine Comirnaty yang didaftarkan oleh Pfizer Indonesia, COVID-19 Vaccine Sputnik V didaftarkan oleh Pratapa Nirmala Indonesia, Janssen COVID-19 Vaccine didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia, COVID-19 Vaccine Sinopharm didaftarkan oleh Kimia Farma Tbk. Indonesia, sedangkan COVID-19 Vaccine Astrazeneca yang didaftarkan oleh Astrazeneca Indonesia.

Anda juga bisa mengakses informasi mengenai EUA vaksin dan obat COVID-19 langsung melalui https://cekbpom.pom.go.id.