Ketahui DuckDuckGo, Alternatif Browser Selain Google Chrome yang Lebih Aman Tanpa Dilacak
Tekno

Ketahui DuckDuckGo, Alternatif Browser Selain Google Chrome yang Lebih Aman Tanpa Dilacak

  • Ada baiknya jika Anda mengetahui web browser terbaik yang akan mendapatkan privasi dan keamanan seperti DuckDuckGo, yang bisa dijadikan alternatif browser selain Google Chrome.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang yang tidak peduli dengan privasi online mereka. Padahal peretas, perusahaan, dan pemerintah dapat melacak aktivitas online Anda dan mengumpulkan informasi pribadi Anda.

Berselancar dan browsing di internet secara anonim terasa menantang. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda mengetahui web browser terbaik yang akan mendapatkan privasi dan keamanan seperti DuckDuckGo, yang bisa dijadikan alternatif browser selain Google Chrome.

Apa Itu DuckDuckGo?

DuckDuckGo adalah mesin pencari dengan browser yang bisa berdiri sendiri untuk ponsel. Namun browser DuckDuckGo untuk PC sedang dalam pengembangan, dan pengguna PC sangat menantikannya. 

Selain itu, DuckDuckGo juga belum menerbitkan rencana untuk menangani masalah privasi seperti sidik jari. Tetap saja, pengguna mempercayai mereka karena ekstensi DuckDuckGo Privacy Essentials yang sudah dapat Anda instal di browser web Anda.

Ekstensi ini akan mengubah browser biasa Anda menjadi browser yang berfokus pada privasi. Ekstensi tersebut akan memaksa semua situs web yang Anda kunjungi untuk menggunakan versi HTTPS mereka jika tersedia. DuckDuckGo Privacy Essentials membuat koneksi terenkripsi dengan situs web dan memungkinkan Anda melihat skor privasi mereka. 

Mengapa DuckDuckGo Bisa Jadi Alternatif Browser Selain Google Chrome?

Apakah Anda sering melihat iklan terus menerus di berbagai media sosial dan situs yang Anda kunjungi? Jika iya, biasanya iklan yang ditampilkan adalah iklan yang sudah dikurasi dan sesuai dengan apa yang sering Anda cari.

Hal ini karena Google selalu melacak pencarian Anda dan menyembunyikan pelacak di jutaan situs web.

Sedangkan DuckDuckGo menyediakan private search engine dan ekstensi browser yang tidak akan melacak penelusuran Anda. Aplikasi seluler DuckDuckGo juga memblokir pelacak Google di Internet dan membantu menjaga riwayat penelusuran Anda tetap rahasia dan sebagaimana mestinya.

Selain menyediakan private search engine dan ekstensi untuk Brave, DuckDuckGo saat ini tersedia untuk Android dan iOS sebagai peramban dan sebagai ekstensi untuk peramban desktop apa pun sistem operasinya. Anda bisa mencoba DuckDuckGo ini sebagai alternatif browser web seperti Google Chrome.