Striker Persija, Michael Krmencik (tengah) dibayangi bek Persib, Nick Kuipers, dalam laga Liga 1 beberapa waktu lalu.
Gaya Hidup

Ketika Duel Klasik Persija-Persib Kalah oleh Konser Blackpink

  • Penundaan laga Persija versus Persib diputuskan setelah manajemen Persija mengajukan permohonan penjadwalan ulang kepada LIB.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Teddy Tjahjono uring-uringan. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) itu tampak belum bisa menerima timnya gagal bertandang melawan Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. Duel musuh bebuyutan ini sedianya digelar di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu 4 Maret 2023. 

Namun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memutuskan laga tersebut ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Partai berlabel El Clasico Indonesia ini diundur karena tak mendapatkan izin dari kepolisian Bekasi. 

Teddy pun mengungkit pernyataan Presiden Joko Widodo yang mendorong kemudahan perizinan kegiatan kesenian dan olahraga. “Bapak Presiden mengatakan dua kegiatan itu harus didukung dan dipermudah proses perizinannya,” ujar Teddy dalam keterangan resmi, Kamis 2 Maret 2023. 

Wajar apabila Teddy kecewa berat. Dia menyebut penundaan sebuah laga dapat memengaruhi fisik pemain. Apalagi mereka telah menyiapkan diri menghadapi duel berat kontra Persija di tengah jadwal yang padat. Duel kontra Persija sendiri sangat penting bagi Maung Bandung. 

Persib yang kini berada di posisi kedua bakal menjauh dari kejaran Persija dengan selisih empat angka apabila mampu memenangi laga tandang tersebut. Tiga poin dari rival juga akan menyuntik semangat penggawa Persib untuk terus menempel PSM Makassar di puncak klasemen. 

“Kami sangat berharap pertandingan bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” ucap Teddy.   

Penundaan laga Persija versus Persib diputuskan setelah manajemen Persija mengajukan permohonan penjadwalan ulang kepada LIB. Pengajuan itu dilakukan setelah rencana tanding di Bekasi gagal digelar. Laskar Kemayoran juga gagal menggelar laga kandangnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Usut punya usut, stadion megah tersebut telanjur dipakai untuk persiapan konser Blackpink. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, memastikan duel Persija kontra Persib ditunda. Pihaknya menyebut SUGBK pun telah dipesan oleh panitia pertunjukan musik Korea. Sebagai informasi, konser Blackpink sejatinya baru akan dihelat 11-12 Maret 2023. Namun pihak promotor telah melakukan persiapan jauh hari. 

“Mereka sudah mulai membangun panggung,” ujar Trunoyudo.