Sering Dapat Undangan Pernikahan Justru Bikin Boros? Ini Cara Menyiasatinya
Gaya Hidup

Kewalahan Akibat Terseret Inflasi Gaya Hidup? Ini 5 Cara Mengatasinya

  • Inilah beberapa cara mengalahkan inflasi gaya hidup agar pengeluaran tidak membengkak. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang yang mengeluhkan dan mulai ingin mengatasi masalah inflasi gaya hidup. Inflasi gaya hidup ini dapat terjadi ketika pengeluaran meningkat tanpa diiringi peningkatan pendapatan.

Kita mungkin bisa menggunakan uang sedikit lebih banyak. Akan tetapi, ketika Anda mendapat kenaikan gaji, rezeki nomplok, atau pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, mungkin Anda juga bisa tergoda untuk menaikkan gaya hidup Anda.

Jika dibiarkan bisa jadi Anda justru mengalami kenaikan pengeluaran barang-barang yang sebetulnya tidak diperlukan. Bagi Anda yang juga sedang mengalaminya, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Pengeluaran yang Membengkak Akibat Inflasi Gaya Hidup

1. Gunakan reverse budget

Cara mengatasi pengeluaran yang membengkak akibat inflasi gaya hidup: terapkan reverse budget

Biasanya ketika seseorang mendapatkan gaji bulanan, uang tersebut akan diprioritaskan untuk membayar tagihan dan membeli kebutuhan mendesak atau membeli barang-barang yang diinginkan, baru sisanya ditabung. 

Kenyataannya, hal itu jarang berhasil karena kita semua tetap perlu memiliki rencana yang jelas mengenai berapa uang yang seharusnya ditabung sehingga bisa disisihkan terlebih dahulu. Jika Anda tidak melakukan reverse budget ini, uang yang sisa tersebut bisa jadi Anda gunakan untuk keperluan lainnya yang sebetulnya kurang urgent dan akhirnya membuat Anda tidak bisa menabung.

2. Prioritaskan melunasi utang

Cara mengatasi pengeluaran yang membengkak akibat inflasi gaya hidup: prioritaskan melunasi utang

Dengan menjadikan pelunasan utang sebagai prioritas utama, Anda bisa menghindari terseret inflasi gaya hidup. Selain itu jika sudah lunas, Anda memiliki lebih banyak uang dalam anggaran yang bisa digunakan untuk mengejar tujuan lain seperti biaya pendidikan, membangun atau membeli rumah, dan sebagainya.

3. Berhenti membandingkan gaya hidup Anda dengan orang lain

Cara mengatasi pengeluaran yang membengkak akibat inflasi gaya hidup: berhenti membandingkan gaya hidup Anda dengan orang lain

Jika Anda ingin mengalahkan inflasi gaya hidup, Anda juga harus berhenti membandingkan situasi Anda dengan orang lain. Mencoba bersaing dengan orang lain atau mengikuti gaya hidup keluarga lain hanya akan menguras keuangan Anda. Sebaiknya Anda justru harus lebih fokus pada tujuan dan visi pribadi untuk hidup dan keluarga Anda.

4. Masak sekali dalam sehari ketika lelah

Cara mengatasi pengeluaran yang membengkak akibat inflasi gaya hidup: masak sekali dalam sehari ketika lelah

Anda mungkin lelah jika harus memasak setiap kali waktu makan akan tiba. Namun, Anda juga tidak ingin mengacaukan keuangan dengan terus menerus membeli lauk dari luar.

Cara mudahnya adalah dengan memasak makanan untuk porsi lebih banyak pada saat pagi hari. Selanjutnya ketika makan siang dan makan malam, Anda tinggal menghangatkan makanan tersebut lalu dikonsumsi.

5. Hiburan yang hemat

Cara mengatasi pengeluaran yang membengkak akibat inflasi gaya hidup: cari hiburan yang hemat

Ketika Anda menganggarkan biaya yang rendah untuk pengeluaran soal hiburan, Anda bisa mencoba kegiatan di daerah Anda yang biayanya jauh lebih murah. Contohnya seperti berkumpul bersama keluarga di taman sambil membawa bekal dari rumah.

Itu tadi beberapa cara mengalahkan inflasi gaya hidup agar pengeluaran tidak membengkak. Selamat mencoba!