Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/
Nasional

Kewirausahaan Jadi Aspek Krusial Menunjang Kinerja Sosial Lembaga Keuangan Mikro

  • Morrison menegaskan bahwa peningkatan kinerja keuangan harus dimulai dari peningkatan kinerja sosial. Dalam konteks ini, kinerja sosial memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja keuangan.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Dalam dunia bisnis, wirausahawan sering menghadapi kendala utama dalam mendapatkan akses modal atau kredit. 

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah telah menerapkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, akses terhadap layanan keuangan sering tidak dapat dipenuhi oleh bank, itulah sebabnya Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berada di garis depan dalam memfasilitasi pemberian kredit, simpanan, pengiriman uang, serta asuransi kredit bagi wirausahawan ultra mikro, masyarakat miskin, dan sektor informal.

Sebuah riset  oleh Dr. Morrison Hendrik Riwu Kore, peserta Program Pascasarjana di Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengungkapkan pentingnya kinerja sosial dalam Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia. 

Riset ini melibatkan 235 pimpinan LKM di seluruh provinsi Indonesia, menganalisis dinamika lingkungan sebagai faktor pendahulu, aliansi strategis, dan kapabilitas dinamik sebagai mediator.

Dilansir ui.ac.id, Jumat, 17 November 2023, hasil riset tersebut menggambarkan bahwa orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja sosial LKM di Indonesia. 

Meskipun demikian, orientasi kewirausahaan tidak secara langsung memengaruhi kinerja keuangan LKM. Morrison menegaskan bahwa peningkatan kinerja keuangan harus dimulai dari peningkatan kinerja sosial. Dalam konteks ini, kinerja sosial memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja keuangan.

Morrison menyoroti peran krusial LKM dalam meningkatkan kinerja sosial untuk memajukan kinerja keuangan. Dia menggarisbawahi pentingnya LKM dalam memberikan kontribusi dan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kinerja sosial, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kinerja keuangan. Kinerja sosial dapat tercermin dalam dukungan mendalam terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat yang kurang mampu di sekitar wilayah operasional LKM. 

Tanggung jawab sosial LKM dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti pemberian beasiswa, bantuan medis gratis, bantuan sembako, pembangunan atau perbaikan tempat ibadah, dan berbagai upaya sosial lainnya.

Penelitian ini memberikan sorotan kuat pada pentingnya kontribusi sosial yang diemban oleh Lembaga Keuangan Mikro. Dorongan untuk meningkatkan kinerja sosial diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan dalam mendukung perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat yang lebih luas.