<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Tekno

Khawatir ChatGPT Ambil Alih Pekerjaan Anda? Coba Lakukan Hal Ini

  • Inilah penjelasan bagaimana cara mencegah kecerdasan buatan seperti ChatGPT mengambil alih pekerjaan Anda.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Kecerdasan buatan atau AI telah mencuri perhatian akhir-akhir ini. Salah satu kecerdasan buatan yang populer saat ini adalah ChatGPT yang dirancang oleh OpenAI.

Model AI yang lebih baru seperti ChatGPT sangat berbeda dari sistem otomatis yang ada di tahun-tahun sebelumnya. ChatGPT dapat memproses informasi dan menghasilkan konten sendiri menggunakan bahasa yang terdengar alami dan menjadikannya jadi lebih canggih daripada alat chatbot atau mesin pencari.

OpenAI juga merancang ChatGPT sebagai alat untuk membantu pengguna mendapatkan informasi dengan cepat dan membuat pekerjaan jadi lebih efektif. Namun, ada kekhawatiran bahwa ChatGPT dan sistem kecerdasan buatan atau AI lainnya mungkin akan sepenuhnya menggantikan pekerjaan manusia. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Bagaimana Melindungi Karier dari ChatGPT?

Tidak mengherankan jika saat ini banyak orang yang khawatir pekerjaan mereka akan diambil alih oleh AI, karena teknologi akan terus tumbuh dan menjadi lebih canggih. Namun daripada melihat AI sebagai ancaman atau penghalang, Anda sebaiknya harus meningkatkan keterampilan mereka, tetap berada di depan tren, dan belajar memanfaatkan teknologi ini untuk keuntungan Anda.

Cara paling pasti untuk melindungi pekerjaan Anda dari AI adalah dengan fokus membangun keterampilan unik manusia yang sulit atau bahkan tidak mungkin diotomatisasi. Hal yang dimaksud termasuk kreativitas, pemikiran kritis, kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks.

Misalnya, pekerja customer service dapat mengembangkan keterampilan interpersonal, empati, dan kemampuan yang lebih baik untuk menangani pertanyaan yang rumit. Demikian pula, profesional perawatan kesehatan dapat fokus pada keterampilan seperti komunikasi pasien dan koordinasi perawatan. Hal-hal ini membutuhkan interaksi pribadi tingkat tinggi, intuisi manusia, dan pengambilan keputusan kasus per kasus.

Itu tadi penjelasan bagaimana cara mencegah kecerdasan buatan seperti ChatGPT mengambil alih pekerjaan Anda.