Ternyata Ini Arti Tanda Verifikasi Centang Emas, Abu-abu, dan Biru di Twitter
Gaya Hidup

Khawatir dengan Jejak Digital Anda? Ini Cara Menemukan dan Menghapus Postingan Lama di Twitter

  • Simak cara menemukan postingan lama Anda di Twitter atau X sekaligus menghapusnya dengan mudah. Selamat mencoba!

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Di era digital seperti sekarang, adanya media sosial tentu sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Berbagai platform media sosial termasuk Twitter atau X memungkinkan kita untuk berbagi informasi, pikiran, pendapat, dan pengalaman dengan orang di berbagai belahan dunia.

Twitter atau X tidak kalah dengan media sosial lainnya, di mana platform microblogging tersebut memiliki popularitas yang luar biasa dan memudahkan penggunanya untuk mengekspresikan diri. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mungkin pemikiran, idealisme, atau perspektif kita berubah.

Hal ini mungkin membuat beberapa postingan lama kita di Twitter sudah tidak sejalan lagi dengan keyakinan atau nilai-nilai yang kita anut saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika akhir-akhir ini banyak pengguna Twitter atau X yang mencari cara untuk menemukan dan menghapus tweet atau postingan lama mereka. Tindakan ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa identitas online mereka secara akurat mencerminkan siapa mereka saat ini.

Pentingnya Mengelola Identitas atau Branding Online Anda

Sebelum mengetahui cara menemukan dan menghapus postingan lama di Twitter, Anda perlu memahami mengapa mengelola identitas atau branding Anda di dunia maya adalah hal yang sangat penting.

Seperti yang Anda ketahui, media sosial adalah forum publik, di mana siapa saja dapat melihat dan mengakses konten tentang Anda. Seiring waktu, pemikiran dan pendapat Anda tentu juga ikut berkembang sehingga membuat beberapa postingan lama Anda tampak tidak pantas atau bahkan ketinggalan zaman. Menghapus konten semacam itu akan membantu meningkatkan kualitas citra diri Anda, yang tentu dapat berdampak positif kepada calon pemberi kerja, kolega, atau koneksi.

Cara Menemukan dan Menghapus Tweet atau Postingan Lama di Twitter 

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menemukan dan menghapus postingan lama mereka di Twitter. Hal ini mungkin Anda telah mengubah pandangan Anda terhadap suatu topik tertentu dan tidak ingin lagi dikaitkan dengan postingan Anda sebelumnya. Selain itu, bisa jadi Anda sedang mencari pekerjaan dan ingin membersihkan jejak digital Anda.

Berikut beberapa cara menemukan postingan lama Anda di Twitter.

  1. Pertama, masuk ke akun Twitter Anda, baik di komputer atau perangkat seluler.
  2. Kemudian akses arsip Twitter Anda, untuk melakukannya Anda tinggal klik gambar profil Anda.
  3. Di menu drop-down, klik bagian ‘Settings and Privacy’.
  4. Di sisi kiri, klik ‘Your Account’.
  5. Scroll ke bawah dan temukan bagian ‘Download your data’.
  6. Klik ‘Request Data’ dan ikuti petunjuk untuk menerima link yang dapat digunakan untuk mengunduh arsip Twitter Anda melalui email.
  7. Arsip Twitter Anda akan berbentuk file yang terkompresi (ZIP). Setelah mengunduhnya, ekstrak isinya ke folder di komputer Anda.
  8. Anda akan menemukan file ‘index.html’. Buka file ini di browser web, yang akan menampilkan user interface yang ramah pengguna dengan kalender dan bilah pencarian.
  9. Gunakan kalender untuk menavigasi ke periode waktu tertentu. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian untuk mencari kata kunci atau frasa tertentu.
  10. Setelah Anda menemukan tweet atau postingan yang ingin Anda hapus, klik postingan tersebut untuk membukanya.
  11. Di halaman postingan tersebut, cari ikon berbentuk menu tiga titik, lalu klik Delete Tweet.
  12. Lanjutkan proses ini untuk setiap tweet atau postingan yang ingin Anda hapus.

Itu tadi cara menemukan postingan lama Anda di Twitter atau X sekaligus menghapusnya dengan mudah. Selamat mencoba!