Pengabdi Setan 2 Communion
Gaya Hidup

Khawatir Ganggu Psikologis, Joko Anwar Larang Anak Kecil Nonton Pengabdi Setan 2

  • Sutradara film Pengabdi Setan 2 Joko Anwar mengimbau agar para orang tua tidak membawa anak di bawah umur yang telah ditentukan (13 tahun ke bawah) untuk menonton film horor garapannya tersebut.
Gaya Hidup
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Sutradara film Pengabdi Setan 2 Joko Anwar mengimbau agar para orang tua tidak membawa anak di bawah umur yang telah ditentukan (13 tahun ke bawah) untuk menonton film horor garapannya tersebut.

Joko Anwar menegaskan, apabila hal tersebut terjadi dapat menimbulkan dampak psikologis negatif pada anak serta dapat mengganggu kenyamanan para penonton lain.

“Untuk kembali diingatkan, membawa anak di bawah batas umur yang telah ditentukan untuk menonton, bisa menimbulkan dampak psikologis yang negatif,” tulis dia melalui akun Instagram @jokoanwar dikutip Sabtu, 6 Agustus 2022.

Untuk diketahui, seorang psikologi anak Dr. Daniel S. Schechter dalam acara American Academy of Child & Adolescent Psychiatry mengatakan, anak yang menonton film horor kemungkinan akan cenderung mengembangkan kecemasan.

Kemudian, dampak lain anak kecil yang menonton horor yaitu gangguan tidur hingga dapat mengakibatkan anak berperilaku membahayakan diri sendiri.

Di sisi lain, dampak negatif anak yang ditimbulkan karena menonton horor adalah cenderung sulit untuk membedakan antara fakta dan fiksi. Efek utamanya adalah, kehilangan kendali, hingga mengalami ketakutan lebih yang lama.

Sehingga film horor bukan pilihan yang tepat untuk menjadi pilihan untuk menonton bersama anak kecil. 

Saat ini, film Pengabdi Setan telah tayang di bioskop Indonesia. Hanya dalam dua hari penayangan, film itu berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Pengabdi setan 2: communion sendiri dibintangi oleh Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, Ayu Laksmi dan beberapa artis muda maupun senior lainnya.

Tambahan informasi, film Pengabdi Setan yang rilis pada 2017 ini merupakan film terlaris pada tahun tersebut dengan jumlah penonton 4.206.103 orang, dan telah memenangkan berbagai penghargaan film.