<p>Karyawati melayani nasabah di kantor Mandiri Tunas Finance Costumer Executive Lounge, Jakarta, Senin, 3 Agustus 2020.  PT Mandiri Tunas Finance (MTF) mengoptimalkan kerjasama dengan para pelaku e-commerce untuk mengembangkan jaringan bisnis sekaligus memperbaiki proses kinerja digital. Sejauh ini, MTF telah bekerja sama dengan 12 e-commerce yang ada di Indonesia. Perusahaan yakin, penyaluran melalui e-commerce memiliki prospek cerah dan diharapkan bisa menggenjot pembiayaan. Dalam laporan keuangan per Juni 2020 yang dirilis akhir pekan lalu, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) melaporkan pendapatan sebesar Rp1,47 triliun per 30 Juni 2020, yang terdiri dari pembiayaan konsumen (68,96%), sewa pembiayaan (13,98%), dan lain-lain (17,06%). Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Khawatir Otomatisasi Memengaruhi Pekerjaan Anda? Ini Cara Mempersiapkannya

  • Inilah beberapa cara yang harus Anda persiapkan jika pekerjaan terpengaruh kebijakan otomatisasi.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Perusahaan saat ini cenderung bergantung pada komputer untuk beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh manusia. Hal ini karena pekerjaan yang melibatkan komputer lebih murah dan mampu meminimalisir terjadinya kesalahan.

Meskipun kebijakan otomatisasi terdengar mengkhawatirkan, kebijakan tersebut sebetulnya cenderung mengubah pekerjaan manusia, bukannya menghilangkannya. 

Lalu, bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri ketika banyak pekerjaan yang harus diotomatisasi? Berikut penjelasannya.

Ambil Keterampilan Baru

Luangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan yang masih tidak dapat diotomatisasi. Kembangkan kemampuan pemecahan masalah Anda, keterampilan manajemen, kreativitas, dan kecerdasan emosional Anda. Jika Anda dapat memiliki keterampilan ini, maka Anda akan menjadi pekerja yang tak ternilai dan sulit untuk digantikan.

Kembali Bersekolah

Pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak keterampilan cenderung tidak digantikan oleh komputer. Hal ini karena pekerjaan tersebut memakan terlalu banyak waktu dan energi jika harus membuat program komputer untuk menggantikannya.

Anda bisa mencoba kembali bersekolah untuk mengambil spesialisasi dalam topik tertentu yang terkait dengan pekerjaan Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan bagaimana mengubah karier tanpa harus kembali ke sekolah dengan mencari program pelatihan jangka pendek untuk memperluas keahlian.

Berlatih Kemampuan Beradaptasi

Meski Anda mungkin tidak kehilangan pekerjaan karena adanya otomatisasi, Anda mungkin mengalami perubahan dalam tugas sehari-hari. Pastikan untuk tetap melatih kemampuan beradaptasi dan bersedia untuk berubah dan mengambil tugas baru. Perusahaan tentu akan terkesan jika Anda mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Bekerja Sama dengan Otomatisasi

Dengan meningkatnya otomatisasi, maka peluang kerja baru juga akan tercipta. Jika Anda tertarik pada komputer dan robotika, pertimbangkan karier Anda jika memungkinkan akan bekerja sama dengan kedua hal tersebut.

Itu tadi beberapa cara yang harus Anda persiapkan jika pekerjaan terpengaruh kebijakan otomatisasi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika pekerjaan Anda mungkin akan berisiko terkena otomatisasi komputer atau robot. Anda hanya perlu berfokus untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda dan selalu beradaptasi dan mengembangkan keterampilan.